Selingkuh/Askmen.com
Relationship

4 Cara Memaafkan Pasangan Yang Berselingkuh

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 8 Januari 2015 - 09:12
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Sebuah hubungan adalah sebuah perjalanan, yang memiliki pasang surut sendiri. Termasuk juga mungkin terjadi perselingkuhan di dalamnya.

Perselingkuhan bukan hanya sebatas urusan fisik, namun juga pada tingkat emosional. Lantas, bagaimana jika pasangan Anda berselingkuh dari Anda, apakah Anda mau memaafkan mereka?.

Jika Anda tidak memaafkan, Anda akan dipenuh dengan kemarahan, kebencian dan penyesalan. Semua perasaan negatif tersebut tidak sehat. Apakah Anda berpisah atau tetap bersamanya adalah pertanyaan yang sama sekali berbeda.

Tapi memaafkan adalah melupakan semua kesalahannya dan berusaha menjalani hidup tanpa dia melibatkan tidak memperlakukan dia seperti orang berdosa. Mencoba untuk membalas dendam menunjukkan Anda sangat terluka dan Anda ingin menghukumnya.

Mampu memaafkan menyiratkan bahwa Anda memahami manusia rentan terhadap kesalahan, tetapi Anda harus menjelaskan padanya tentang bagaimana buruk Anda merasa dan kecewa dengan tindakannya itu.

Memaafkan
Mampu memaafkan adalah tentang 'menjadi manusia' Kita semua adalah manusia, yang selalu mudah tergoda. Beberapa dari kita menyerah pada godaan tersebut, sedangkan yang lain tidak menyerah. Tapi hanya karena seseorang telah berselingkuh, dia tidak layak mendapatkan cinta lagi.  Mampu memaafkan seseorang artinya menerima bahwa hidup tidak dapat diprediksi kadang-kadang.

Beri dia kesempatan lain
Ketika Anda memaafkan, itu tidak berarti bahwa Anda membiarkan dia kembali berselingkuh. Anda hanya memberinya kesempatan untuk menyelamatkan hubungan. Satu kesalahan tunggal tidak dapat mematahkan hubungan Anda.

Mengekspresikan kemarahan Anda dengan jelas
Anda dapat mengekspresikan kemarahan Anda, tetapi dengan masuk akal. Intinya harus dikomunikasikan tetapi tidak harus menghancurkan orang. Anda tidak perlu menahan perasaan Anda sendiri, namun mengekspresikannya dengan cara yang dewasa.

Orang lain akan mengerti seberapa dalam Anda terluka. Fokus pada perasaan Anda daripada apa yang telah dilakukan.

Jangan saling menyalahkan

Anda memiliki hak untuk menjelaskan bagaimana Anda terluka karena tindakannya. Tetapi menyalahkan tidak akan berhasil, dan hanya akan membuat situasi semakin parah.

Caranya adalah dengan membuat dia mendengarkan Anda. Jika Anda ingin perhatiannya, hanya berbicara tentang bagaimana hal-hal yang telah menyakiti perasaan Anda daripada menuduhnya. Ketika Anda melakukannya, dia akan segera menerima kesalahannya tanpa mencoba melarikan diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro