Uban di usia muda/zeenews.india.com
Health

15 Penyebab Munculnya Uban di Usia Muda

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 16 Januari 2015 - 07:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Rambut beruban adalah hal alami yang akan dialami semua orang. namun banyak orang yang juga memiliki uban saat masih muda. Padahal biasanya, uban itu muncul saat usia seseorang bertambah.

Uban di usia muda disebut uban prematur dan memerlukan perhatian medis. Ada banyak penyebab munculnya uban di usia muda. Beberapa dari mereka yang terkait dengan gaya hidup. Beberapa penyebab gaya hidup beruban prematur merokok, diet yang salah, stres dan metode perawatan rambut yang tidak sehat. Alasan uban lainnya adalah kekurangan vitamin B12, ketidakseimbangan hormon dan menopause dini.

Semakin bertambahnya usia, kemampuan untuk mensintesis jumlah normal pigmen melanin (bertanggung jawab untuk memberikan warna hitam pada rambut) menurun. Hal ini pada akhirnya menghasilkan uban, atau pemutihan rambut.

Berikut penyebab munculnya uban di usia muda seperti dilansir Boldsky.com:

Penyakit tiroid
Salah satu alasan munculnya uban adalah penyakit tiroid. Tiroid yang terlalu aktif dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menghasilkan beruban prematur. Jadi, periksalah kadar tiroid Anda.

Kekurangan Vitamin B12

Defisiensi B12 Defisiensi telah dikaitkan dengan rambut beruban prematur. Vitamin B12, seng dan tembaga yang bertanggung jawab atas makanan rambut. Selalu sertakan makanan kaya vitamin B12 dalam diet Anda.

Genetik

Alasan utama untuk rambut berubah pada usia dini adalah genetik. Anak lebih rentan untuk memiliki rambut beruban lebih awal dalam hidup jika induknya memiliki masalah yang sama. Ini adalah salah satu alasan uban.

Kekurangan Vitamin C dan E

Jika tubuh menderita kekurangan Vitamin C dan E, maka rambut berubah abu-abu. Kekurangan dua vitamin tersebut dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin memproduksi dan dengan demikian menyebabkan rambut beruban.

Merokok

Merokok juga merupakan salah satu faktor yang bertanggung jawab untuk rambut beruban prematur. Merokok menghasilkan radikal bebas dalam tubuh perokok dan radikal bebas menurunkan melanin, sehingga beruban rambut.

Junk food

Junk food adalah salah satu alasan uban di usia muda. Junk food atau makanan olahan mempercepat penuaan dengan mengurangi produksi melanin di rambut. Orang-orang yang sangat kecanduan junk food cenderung abu-abu rambut di usia muda.

Stres

Stres dapat memiliki banyak efek berbahaya dan salah satunya adalah rambut rontok dan beruban prematur. Shock, sedih dan gelisah dapat mengurangi jumlah sel-sel melanin, sehingga mengarah ke beruban prematur.

Diet yang salah

Tidak memiliki diet seimbang berarti Anda kurang banyak nutrisi. Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan pasokan yang tepat dari vitamin dan mineral, hal ini menyebabkan tubuh tidak berfungsi dengan baik. Hal ini dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk rambut uban.

Penggunaan mesin pengering berlebihan

Berlebihan menggunakan pengering listrik dan setrika rambut ini membuat batang rambut yang lemah. Panas yang dihasilkan oleh mereka dapat mempengaruhi produksi melanin di rambut dan menyebabkan beruban di usia dini atau uban prematur.

Kulit kepala kotor

Kulit kepala yang kotor dapat menjadi penyebab lain untuk prematur beruban rambut. Jika Anda tidak merawat rambut Anda, itu akan menjadi abu-abu. Ini adalah salah satu alasan uban bahwa Anda harus memastikan kulit kepala Anda bersih.

Pewarna rambut

Sering menggunakan pewarna rambut bisa merusak rambut. Bahan kimia hadir di dalamnya juga dapat merusak sel-sel melanin. Hal ini dapat menyebabkan rambut beruban prematur.

Mencucirambut dengan terlalu sering

Mineral air dan oksidan hadir dalam menyebabkan air keras rambut rontok; kering, kusam, tipis dan keriting rambut. Hal ini juga menyebabkan rambut beruban.

Ketidakseimbangan hormom

Perubahan hormonal sangat berkontribusi pada kondisi kulit dan rambut. Setiap perubahan hormonal besar dalam tubuh dalam kondisi seperti kehamilan atau penyakit tiroid dapat menyebabkan beruban prematur.

Menopause dini

Awal Wanita menopause yang menderita menopause dini beresiko beruban prematur dan mungkin memerlukan perhatian medis.

Defisiensi asam folat

Asam folat sangat penting bagi banyak proses tubuh. Kekurangan vitamin ini tidak hanya memperlambat pertumbuhan rambut Anda, tetapi juga dapat menyebabkan rambut Anda berubah abu-abu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro