Wawancara kerja/mytonomy.com
Relationship

Pertanyaan Yang Boleh Dan Tidak Boleh Diajukan Saat Wawancara Kerja

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 22 Januari 2015 - 17:40
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Menjalani wawancara kerja, tidak hanya mengharuskan Anda untuk mengetahui jawaban yang benar, tetapi juga mengajukan pertanyaan yang tepat.

Wawancara adalah bagian penting dari proses seleksi, yang membantu perekrut memilih kandidat yang tepat. Dengan perencanaan yang tepat dan persiapan untuk wawancara, calon dapat menciptakan kesan yang baik, sehingga bisa mengantongi pekerjaan.

Sebelum wawancara, penting untuk memastikan tentang deskripsi pekerjaan. Calon harus membaca tentang topik yang relevan tentang perusahaan dan industri yang mereka lamar. Membawa dokumen yang diperlukan Anda. Misalnya saja, salinan resume Anda, foto, ijazah, dll

Calon harus berdandan secara profesional, ini akan memberikan perekrut kesan pertama yang baik Meskipun penting untuk terlihat rapi, seseorang harus terdiri, percaya diri dan siap mental untuk menghadapi wawancara.

Sementara pewawancara akan menggali pengetahuan dan pengalaman calon pekerja, ada beberapa pertanyaan yang juga Anda harus bertanya dan menghindari meminta selama wawancara. Hal ini dibenarkan bagi para kandidat untuk mengajukan pertanyaan yang menyangkut mereka.

Mengajukan pertanyaan pada perusahaan tidak hanya membantu Anda menjawab semua hal yang ingin Anda ketahui, namun juga membuktikan bahwa Anda tertarik pada perusahaan dan ingin pekerjaan.

"Hal ini penting untuk mendapatkan klarifikasi dan juga mengkomunikasikan harapan Anda dari peran yang ditawarkan. Seringkali, deskripsi pekerjaan bersama oleh anggota tim HR sebelum wawancara tidak rinci dan mungkin tidak mencakup semua aspek pekerjaan.

Oleh karena itu, lebih baik untuk mencari lebih detail selama wawancara. Selain itu,  Anda juga harus tahu tentang budaya organisasi, lingkungan kerja, supervisor langsung, tim tempat Anda bekerja nanti.

Tanyakan pada pengusaha apa yang mereka harapkan dari Anda. Hal ini membantu menunjukkan pewawancara bahwa Anda termotivasi, dan bahwa Anda ingin mendukung organisasi dalam mencapai tujuan bisnis yang dijalankan perusahaan tersebut.

Penting juga untuk menanyakan tentang pelatihan dan pengembangan kesempatan dalam organisasi tertentu. Hal tersebut, menunjukkan bahwa Anda bersedia untuk belajar, ambisius dan berpikir ke depan.

Anda juga harus menanyakan dan mengetahui proyek awal yang akan digeluti dalam enam bulan pertama, Hal ini menunjukkan bahwa peserta difokuskan pada peran dan kontribusinya kepada perusahaan sejak awal.

Sementara mengajukan pertanyaan yang relevan selama wawancara pekerjaan bisa menambah poin Anda, mengajukan pertanyaan yang tidak relevan bisa merusak kesan Anda sebagai seorang profesional.

Salah satu yang harus dihindari adalah pertanyaan yang fokus pada produk atau jasa yang ditawarkan oleh salah satu perusahaan.

Selain itu, Anda juga harus menahan diri dari mengajukan pertanyaan tentang remunerasi di awal wawancara. Juga, jangan bertanya tentang, jumlah hari libur dan manfaat lainnya pada pertemuan pertama, itu menunjukkan tidak profesional.

Peserta juga harus menghindari membahas hal buruk tentang mantan atasan, dan jangan mempertanyakan apakah Anda sudah pasti mendapatkan pekerjaan tersebut. Ini mungkin membuat Anda terlihat tidak sabar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : times of India
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro