Entertainment

Film "12 Menit" Unjuk Gigi di Festival Bulgaria

Redaksi
Kamis, 22 Januari 2015 - 09:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Film "12 Menit" karya sutradara Hanny R. Saputra yang tampil dalam Festival Film Menar di Bulgaria, sekaligus menandai Indonesia untuk pertama kali berpartisipasi pada festival tersebut.

Sekretaris Kedua Pensosbud KBRI Sofia Dina Martina  mengatakan pemutaran perdana film "12 Menit" dilakukan Dubes RI untuk Sofia Bunyan Saptomo di Hall of Cinema Sofia Bulgaria. Selain "12 Menit", film "Soegija" yang disutradarai Garin Nugroho juga terpilih pada ajang festival film untuk negara-negara dengan penduduk sebagian besar muslim yang diselenggarakan Pozor Company, lembaga independen Bulgaria.

Film "12 Menit" berdasarkan kisah nyata anggota group Marching Band Kota Bontang (Kaltim) dengan kegigihan dan perjuangan menghadapi berbagai permasalahan untuk mencapai satu tujuan, yaitu meraih kemenangan pada kejuaraan grup marching band tingkat nasional, di Jakarta.

Pemutaran perdana "12 Menit" dihadiri Direktur Asia, Oseania, dan Australia Kementerian Luar Negeri Bulgaria Mr. Angel Orbetzov dan beberapa pejabat kementerian luar negeri, beberapa dubes negara muslim, serta dari kalangan akademisi, budayawan, jurnalis, "friends of Indonesia", termasuk pelajar Kelas Indonesia di Universitas Sofia, serta staf KBRI dan keluarga.

Dubes Bunyan Saptomo mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara atas undangan untuk berpartisipasi pada festival dan memperkenalkan Cindy Sutedja, produser Film "12 Menit" kepada penonton. Festival ditujukan memperkenalkan masyarakat Bulgaria kepada budaya dan tradisi, termasuk tradisi etnik grup di negara-negara tersebut melalui film. Film-film lainnya yang berpartisipasi berasal dari Iran, Irak, Yordania, Qatar, Siria, Tajikistan, Tunisia, Turki , UEA, Libanon, Palestine, Mesir, Maroko, dan Aljazair.

Beberapa penonton menyampaikan terkesan dengan "12 Menit" karena dikemas dengan apik dan sarat dengan pendidikan dan pesan-pesan kemanusiaan yang menyentuh. Para penonton juga menyampaikan akan menyaksikan film "Soegija" yang akan ditayangkan pada 22 dan 26 Januari 2015.

Sebelumnya, Cindy memberikan presentasi singkat dan diskusi mengenai film Indonesia dan perkembangannya saat ini di New Bulgarian University (NBU). Presentasi itu mendapatkan sambutan positif dari mahasiswa perfilman universitas tersebut. Head of Department of Cinema, Advertising, and Show Business Prof Lyudmil Hristov menyatakan tertarik dengan film Indonesia karena memiliki banyak sisi yang berbeda dan menarik dibandingkan dengan film-film yang diproduksi di Eropa.

Dia juga menyatakan keinginannya untuk melakukan kerja sama di bidang perfilman dengan perguruan tinggi di Indonesia dan pertukaran mahasiswa perfilman. Keikutsertaan Indonesia pada Sofia Menar Film Festival dan kehadiran produser Film "12 Menit" merupakan langkah awal kerja sama Indonesia-Bulgaria di bidang perfilman.

Festival film yang diadakan setiap tahun tersebut, juga merupakan salah satu kegiatan budaya terbesar di wilayah Balkan. Sejak pertama kali diselenggarakan, festival telah menghadirkan 120 karya sutradara film berbakat dan terkenal negara-negara tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Sumber : antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro