Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Saja Tanda Keguguran?

Bagi kebanyakan perempuan yang sedang menjalani kehamilan, keguguran adalah hal yang paling dikhawatirkan dan ditakutkan terjadi.
Fitri Rachmawati
Fitri Rachmawati - Bisnis.com 23 Januari 2015  |  19:46 WIB
/thejoyofpregnancy.com
/thejoyofpregnancy.com

Bisnis.com, JAKARTA--Bagi kebanyakan perempuan yang sedang menjalani kehamilan, keguguran adalah hal yang paling dikhawatirkan dan ditakutkan terjadi.
 
Di mana rsekitar 98% keguguran terjadi dalam 13 minggu pertama, dan sebagian besar kejadian tidak dapat dijelaskan serta tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah keguguran jika sudah terjadi.
 
Untuk penting bagi para calon ibu mengetahui tanda-tanda keguguran, berikut salah satu tanda keguguran yang dikutip dari BabyCentre Pregnancy Question And Answers:
 
Nyeri Seperti Menstruasi

Tanda paling jelas adalah merasakan nyeri seperti menstruasi dan pendarahan hebat yang bisa membawa pembekuan darah.

Akan tetapi, kebanyakan para calon ibu mengalami keguguran tanpa menyadarinya karena menganggap rasa nyeri tersebut biasa khususnya pada kehamilan muda.
 
Selain itu, banyak wanita keliru mengartikan keguguran dengan menstruasi yang terlambat.
 
Tidak Ada Denyut Jantung Bayi

Sebagian kasus keguguran baru ditemukan ketika dokter atau bidan tidak bisa merasakan denyut jantung bayi ketika pemeriksaan USG.

Keguguran ini disebut keguguran yang terlewat, dimana embrio telah mati tetapi tidak mengalami keguguran seperti adanya timbul pendarahan dan sebagainya.
 
Adanya Pendarahan Bercak Atau Flek

Pendarahan bercak disebut juga dengan flek yakni kehilangan darah dalam jumlah yang relatif sedikit biasanya terjadi pada masa awal kehamilan, dan mungkin bukan masalah tetapi hal ini perlu diwaspadai karena diindikasikan terjadi keguguran atau adanya gangguan dalam janin.
 
Untuk itu dengan selalu memeriksakan kehamilan secara rutin ke dokter akan sangat membantu mengantisipasi keguguran atau mengetahui lebih dini keguguran hingga ketidaknormalan atau gangguan pada janin.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan hamil
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top