Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pernah Menyadari Sedang Bermimpi Dalam Tidur? Ini Keuntungannya

Pernah Menyadari Sedang Bermimpi Dalam Tidur? Ini Keuntungannya
Redaksi
Redaksi - Bisnis.com 25 Januari 2015  |  22:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Mereka yang tergolong "lucid dreamers" atau orang yang saat tidur sadar sedang bermimpi, ternyata bisa mengendalikan mimpinya.

Para peneliti dari the Max Planck Institute for Human Development di Berlin dan the Max Planck Institute of Psychiatry, di Munich, menemukan, para "lucid dreamers" memiliki wilayah otak yang memungkinkan refleksi diri lebih besar.

Dengan begitu, mereka juga mungkin lebih bisa merefleksikan diri (meta- kognitif) mereka saat terbangun. "Lucid dreamers" juga dapat ikut mengatur mimpi mereka sendiri atau berperan aktif dalam mimpi mereka itu. Hanya saja, para peneliti mengatakan, kebanyakan mereka bisa melakukan hal ini beberapa kali dalam setahun dan hanya sedikit yang bisa melakukannya setiap malam.

Untuk sampai pada kesimpulan ini, para peneliti yang merupakan neurolog itu membandingkan struktur otak antara "lucid dreamers" dengan mereka yang tidak pernah atau jarang bermimpi sadar.

Hasil penelitian menemukan, korteks prefrontal anterior di otak, yakni wilayah otak yang mengatur proses kesadaran kognitif dan berperan penting untuk kemampuan refleksi diri, lebih besar pada "lucid dreamers".

"Hasil penelitian kami mengindikasikan, refleksi diri dalam kehidupan sehari-hari lebih mungkin terjadi pada orang-orang yang dengan mudah mengontrol mimpi mereka," kata salah satu peneliti, Elisa Filevich, dari Max Planck Institute for Human Development, seperti dilansir siaran publik Max Planck Institute for Human Development.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur

Sumber : antara

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top