Basis Kotak Tak Setuju Pemakai Narkoba Dihukum Mati

Basis Band Kotak, Swasti Sabdastantri atau yang akrab di panggil dengan Chua, kurang setuju hukuman mati untuk pengguna narkoba.
Fitri Rachmawati
Fitri Rachmawati - Bisnis.com 30 Januari 2015  |  12:03 WIB
Basis Kotak Tak Setuju Pemakai Narkoba Dihukum Mati
Grup band Kotak Mario Marcella (tengah), Tantri Syalindri Ichlasari (kiri) dan Swasti Sabdastantri atau Chua (kanan) berpose saat menghadiri acara konferensi pers Film Rock N Love di Jakarta, Senin (26/1). - Antara

Bisnis.com,JAKARTA — Basis Band Kotak, Swasti Sabdastantri atau yang akrab di panggil dengan Chua, kurang setuju hukuman mati untuk pengguna narkoba.

Dia lebih setuju jika hukuman mati hanya untuk pengedar dan pembuat narkoba saja.

 “Karena pengguna bukan berarti pengedar,  dan biasanya mereka mengonsumsi narkoba karena faktor ketidaksengajaan, seperti dikerjai teman atau faktor lainnya seperti karena kondisi keluarga yang broken home atau sebagai pelarian,” tuturnya Kamis (29/1/2015).

 Menurutnya,  justru hukuman bagi pengguna narkoba bukan hukuman mati, melainkan pembinaan, dan ini bisa menyembuhkan dibandingkan dengan hukuman mati.

 Dia mengakui tidak akan pernah dan tidak akan mengonsumsi narkoba, karena efeknya lebih banyak negatif dibanding positif, karena melihat pengalaman teman-teman yang tergolong ekonomi mampu dan ketika terlibat narkoba justru kebanyakan jatuh miskin.

“Kalau saya terlibat narkoba kashian orang tua bakal kecewa banget,” katanya.

 Bentengi Diri

Untuk terhindar dari keterlibatan narkoba sebenarnya banyak cara dan kembali lagi kepada individu masing-masing.

 “Kalau saya hanya mengingat nasehat orang tua, karena mereka berpesan untuk bisa menjaga diri sendiri dan selalu menjaga nama baik sendiri,” tambahnya.

 Dia menambahkan tidak semua musisi rock identik dengan narkoba, karena keterlibatan narkoba tergantung pada individu masing-masing, dan tidak dipungkiri diluar lingkungan band yang beraliran rock pun seperti oknum polisi, tentara atau profesi lainnya pun banyak terlibat dengan narkoba.

 “Dan gak jamin mereka [yang berprofesi dokter dan sebagainya] bersih dari keterlibatan narkoba,” imbuhnya.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Eksekusi Mati, band kotak

Editor : Nancy Junita
KOMENTAR


Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top