Air Terjun Sipiso-piso/JibiFoto-Sukirno
Travel

Wisata Alam di Batu “Disuntik “ Rp3,7 Miliar

Mohammad sofi`i
Rabu, 25 Februari 2015 - 16:52
Bagikan

Bisnis.com, BATU—  Pemkot Batu, Jawa Timur, melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dispartabud) setempat mengalokasikan anggaran APBD 2015 sebesar Rp3,7 miliar untuk menyulap hutan menjadi wahana wisata alam.

Kepala Dispartabud Kota Batu, Abdillah Alkaf, mengatakan kucuran dana tersebut dialokasikan untuk mewujudkan wisata alam di kawasan hutan. Dengan menjadikan hutan sebagai wahana wisata akan menggairahkan sektor wisata di Batu sekaligus mendongkrak kesejahteraan warga sekitar.

“Sebab dalam pengelolaannya akan melibatkan masyarakat sekitar khususnya Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH),” kata Abdillah, Rabu (25/2/2015).

Anggaran tersebut juga dialokasikan untuk sejumlah kebutuhan diantaranya penyediaan infrastruktur dan wahana, penginapan, jogging area, kawasan pertanian maupun peternakan hingga lahan parkir.

Menurutnya anggaran tersebut sudah direncanakan sejak tahun lalu. Hanya saja untuk pelaksaannya harus melalui prosedur pengadaan barang jasa dan lelang.

Di antara hutan yang disiapkan untuk menjadi wahana wisata alam adalah Coban Talun di Kecamatan Bumiaji. Hanya saja keinginan Pemkot  Batu untuk membangun coban tersebut masih terkendala perizinan dari pihak Perhutani.

Pemkot Batu dan KPH Malang sebelumnya sudah menandatangani MoU untuk pembangunan Coban.

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso, mengatakan masalah perizinan tersebut sampai saat ini memang masih belum tuntas. KPH Malang belum bisa memutuskannya karena luas lahan yang dikerjasamakan lebih dari satu hektare.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mohammad sofi`i
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro