Gawat, Makan Ayam Negeri Bikin Kelamin Anak Laki-laki Mengecil

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), Agustin Kusumawati, meminta masyarakat berhati-hati memilih ayam negeri atau leghorn untuk anak, karena berpotensi mengandung hormon pertumbuhan yang mengganggu pertumbuhan seksual.
Newswire | 02 April 2015 11:38 WIB
Ayam goreng terbuat dari daging ayam negeri - huffingtonpost.com

Bisnis.com, JAKARTA— Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM-UI), Agustin Kusumawati, meminta masyarakat berhati-hati memilih ayam negeri atau leghorn untuk anak, karena berpotensi mengandung hormon pertumbuhan yang mengganggu pertumbuhan seksual.

BACA JUGA: Bayi Lahir dengan ‘Belalai Gajah’ Bikin Gempar, Dianggap Reinkarnasi Dewa Ganesha

"Hormon pertumbuhan yang diberikan peternak untuk ayam negeri itu dapat memicu pertumbuhan seksual pada anak," katanya usai Diskusi Keamanan Pangan di Kementerian Kesehatan, Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Rabu (1/4/2015).

"Gangguan pertumbuhan itu cukup merugikan bagi seorang anak terutama anak lelaki seperti penis yang kecil atau tidak normal di usianya," katanya.

"Misalkan saat sunat, dokter akan melihat apakah ukuran kemaluan anak lelaki itu sesuai dengan umurnya. Jika tidak biasanya dokter akan menyarankan orang tuanya agar mengurangi konsumsi ayam negeri bagi anak.”

Kelainan pertumbuhan akibat mengonsumsi ayam ras untuk anak perempuan juga dapat terjadi ditandai dengan cepatnya anak masuk fase menstruasi. 

Kendati kasus itu tidak terjadi hanya disebabkan karena mengonsumsi ayam ras, tapi Kusumawati tetap meminta masyarakat tetap berhati-hati.

Menurut dia, hormon pertumbuhan dulunya sering dipakai peternak untuk menggemukkan ayam negeri. Tetapi belakangan sudah mulai dilarang meski masih ada praktik penggunaan hormon pertumbuhan.

"Pilih saja ayam kampung karena relatif lebih sehat bagi anak," katanya.

Sumber : Antara

Tag : daging ayam
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top