Ilustrasi/Bisnis.com
Health

Pikiran, Bisa Mempercepat Penyebaran Kanker Tulang

Atiqa Hanum
Sabtu, 11 April 2015 - 12:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pengobatan secara konvensional hingga sekarang belum cukup efektif untuk menahan penyebaran, sehingga rata-rata penderita kanker tulang yang sudah menyebar mempunyai tingkat survival yang rendah dan prognosis buruk (<6bulan).

Dokter Tulang Warsito Purwo Taruno menjelaskan ketahanan tubuhn seseorang sangat bergantung pada penyebaran kanker tulang ke organ lain. Hal tersebut dikarenakan seseorang yang tahu bahwa dirinya terkena kanker akan menurun tingkat keinginan hidupnya sehingga semangat itu hilang.

"Kalau sudah turun keinginan hidupnya tentu penyakit yang didalam tubuh akan secara cepat menyebar," jelas Warsito dalam acara Seminar Hari Kanker Tulang Indonesia di Menara Top Food, Tangerang, Sabtu (11/4/2015).

Dia menegaskan penderita kanker khususnya tulang jangan coba-coba untuk diet. Pasien harus makan makanan yang bergizi dengan mengasup daging ayam, putih telor maupun ikan. Protein yang terkandung dalam makanan tersebut dalam membantu dalam membangun regenerasi sel yang mati.

"Sangat penting dukungan keluarga agar pasien bisa terus bertahan hingga akhir pengobatan. Dan jangan sekali-sekali mencoba mengurangi makan walaupun tidak ada nafsu makan," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro