Ilustrasi/Todaysparent
Health

Cegah Gigi Berlubang Dengan Pasta Gigi Dengan Kandungan SPL

Tisyrin Naufalty Tsani
Rabu, 15 April 2015 - 08:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Apa masalah yang paling sering muncul pada gigi? Gigi berlubang adalah jawabannya. Coba saja tengok data Riset Kesehatan Dasar 2013, sebanyak 72% masalah gigi adalah gigi berlubang.

Untuk mencegah itu terjadi, setiap orang harus pintar-pintar merawat giginya. Salah satu caranya dengan memilih jenis pasta gigi dengan kandungan yang tepat.

Perusahaan produsen pasta gigi meyakini kandungan SPL (System Protective Layer) akan memberikan perlindungan yang baik pada gigi. “SPL berfungsi untuk melapisi dan melindungi email gigi agar lebih tangguh dari serangan asam yang disebabkan bakteri,” kata Head of Corporate and Marketing Communication Orang Tua Group Yuna Eka Kristina, Selasa (15/4/2015).

Dalam rangka menjelaskan kandungan SPL, merek pasta gigi dari Orang Tua Group yaitu Formula mengadakan sebuah percobaan uji kalsium. Percobaan itu dapat menjelaskan bagaimana proses pengeroposan kalsium gigi terjadi dan bagaimana fungsi lapisan pelindung dalam mencegah gigi keropos.

Percobaan bernama Formula Eggsperimen, sebuah percobaan yang menggunakan cangkang telur. Kulit telur sama seperti gigi yaitu terdiri dari kalsium dan yang kedua adalah menggunakan juga cuka dapur yang menggambarkan asam mulut.

Formula Eggsperimen menggunakan cangkang telur yang telah direndam dalam pasta gigi selama empat hari. Salah satu cangkang direndam dalam pasta gigi Formula Strong Protector yang mengandung SPL dan yang lainnya direndam dalam pasta gigi yang berbeda.

Setelah itu, cangkang telur dibersihkan dari pasta gigi menggunakan air serta dikeringkan. Dua cangkang  telur yang sudah bersih dimasukkan ke dalam cairan cuka.

Dari uji coba itu, terlihat bahwa dalam selang waktu 10 menit, kulit telur yang dilapisi oleh pasta gigi lain (bukan Formula) lebih cepat terkelupas bagian luarnya. Itu menandakan terlepasnya kalsium kulit telur.
Sementara itu, kulit telur yang dilapisi pasta gigi dengan kandungan SPL ternyata tetap utuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro