Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Ini Makna Coretan Gambar Anda di Masa Kecil

Gambar seseorang tentang masa kecilnya bisa menceritakan peristiwa penting dalam hidupnya menurut psikolog Prancis Roseline Davido.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 15 April 2015  |  11:19 WIB
Gambar - Antara
Gambar - Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Gambar seseorang tentang masa kecilnya bisa menceritakan peristiwa penting  dalam hidupnya menurut psikolog Prancis Roseline Davido.

"Gambar adalah ingatan masa kecil," kata psikolog dan psikiater yang mengajar di Universite Paris-VII itu, Selasa (14/4).

Gambar bisa mengungkap hal-hal yang tidak pernah diceritakan seseorang kepada orang lain, terutama bila orang itu pernah mengalami trauma karena kejadian-kejadian seperti seperti kekerasan fisik atau seksual.

Davido menuturkan satu contoh kasus seorang perempuan berusia 90 tahun yang diminta membuat gambar tentang masa kecilnya.

Ia membuat gambar boneka yang cantik. Boneka miliknya saat berusia 13 tahun. Ibunya memaksa dia memberikan boneka itu kepada orang lain di rumah sakit.

Kejadian itu sangat membekas pada dirinya, membuat dia memutuskan untuk tidak menikah dan punya anak karena tidak ingin merenggut sesuatu yang berharga dari seorang anak.

"Gambar kurang lebih menunjukkan seperti apa diri kita," kata penulis buku "Mengenal Anak Melalui Gambar" itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kualitas gambar

Sumber : Antara

Editor : Mia Chitra Dinisari
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top