Buah alpukat/healthylive.ca
Health

Ini Dia 6 Superfood Yang Alami

Dimas Novita Sari
Kamis, 23 April 2015 - 15:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Istilah superfood menjadi tren belakangan ini. Makanan yang kaya akan gizi disebut dengan superfood. Namun, di samping makanan buatan yang dikombinasikan oleh manusia tersebut, ternyata superfood sudah disediakan oleh alam. Apa saja jenisnya?

Dikutip dari Daily Mail, Kamis (23/4/2015), berikut ialah buah-buahan dan biji-bijian yang merupakan sumber gizi.

1.  Ceri Tart
Buah ini sering kali ada di kue tart. Selain sebagai pemanis dekorasi kue, ternyata buah ini mengandung kadar antioksidan yang tinggi. Meningkatkan konsumsi buah ceri dipercaya mampu mengurangi efek samping setelah berolahraga, seperti nyeri otot, peradangan, dan kelemahan. Selain itu, buah itu juga memiliki manfaat anti-inflamasi dan meningkatkan kualitas tidur.

2. Alpukat
Alpukat merupakan sumber lemak tak jenuh yang dikenal dapat menurunkan kadar kolesterol jahat, mengurangi risiko serangan jantung dan struk. Bahkan, sebuah penelitian baru-baru ini menyebutkan diet yang dikombinasikan dengan satu buah alpikat per hari benar-benar mampu menurunkan kolesterol jahat.

3. Cranberi
Buah ini telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai bantuan terhadap infeski saluran kemih. Zat polifenol yang dikandungnya memiliki fungsi antioksidan, antiinflamasi, dan antimikroba. Namun, sebuah penelitian juga menunjukkan Cranberi dapat meningkatkan kesehatan jantung, membantu pencegahan kanker, meningkatkan kesehatan mulut, dan mengurangi infeksi.

4. Blueberi
Kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi membuat Blueberi dikaitkan dengan segala macam manfaat kesehatan, termasuk kesehatan jantung, pencegahan kanker, peningkatan fungsi otak dan perbaikan penglihatan. Tidak hanya itu, beberapa penelitian menyebutkan antioksidan yang dikandungnya dapat membatu menunda proses penuaan.

5. Biji Labu
Ternyata biji labu memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dari buahnya. Biji labu mengandung protein yang tinggi, mangan, serat, magnesium, fosfor, dan seng. Zat-zat tersebut sangat penting untuk daya tahan tubuh, pertumbuhan dan pembelahan sel, hingga soal tidur, emosi, dan kesehatan mata serta kulit.

6. Chia Seed
Biji yang mirip dengan selasih ini popularitasnya meningkat beberapa tahun belakangan ini. bagaimana tidak, selain dengan kaya antioksidan dan mineral, ternyata Chia Seed juga sumber omega3. Biji ini juga mengandung jumlah kalsium yang lebih banyak dibandingkan dengan susu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro