Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Cara Sederhana Ini dapat Kurangi Risiko Kanker

World Cancer Research Fund mengungkapkan terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terkena kanker.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 08 Mei 2015  |  10:50 WIB
Mengurangi konsumsi garam bisa menjadi salah satu cara pencegahan kanker, ilustrasi - boldsky.com
Mengurangi konsumsi garam bisa menjadi salah satu cara pencegahan kanker, ilustrasi - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA -- World Cancer Research Fund mengungkapkan terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menurunkan risiko terkena kanker.

Seperti yang dikutip dari Daily Mail, Jumat (8/5/2015), langkah mudah tersebut dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut di antaranya:

1. Lakukanlah pekerjaan rumah
Ternyata pekerjaan yang sering kali kita anggap sepele dapat mencegah kanker. Penelitian menunjukkan latihan fisik yang dilakukan secara teratur  dapat membantu menjaga kadar hormon yang sehat. Lebih lanjut mereka memiliki peran langsung mencegah beberapa jenis kanker seperti usus dan payudara.

2. Mengunyah wortel
Tidak ada yang salah dengan hobi mengemil. Hanya saja Anda harus pintar dalam memilih jenis camilan. Jika camilah Anda hanya akan membuat anda obesitas, hindarilah. Pasalnya kelebihan berat badan sangat berakitan dengan 10 kanker, termasuk usus, payudara, dan hati. Menguyah wortel bisa jadi pilihan untuk ngemil.

3. Hindari roti putih
Ganti roti putih, pasta, hingga beras Anda ke makanan berbahan dasar gandum untuk asupan serat. Serat membantu tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat mempertahankan berat badan yang sehat dan mengurangi risiko kanker yang berkaitan dengan berat badan.

4. Kurangi konsumsi garam
Para ilmuan mempercayai garam yang berlebihan akan merusak lapisan lambung yang berpotensi meningkatkan risiko kanker perut, di samping menaikkan tekanan darah kita. Sebaiknya Anda secara bertahap mengurangi penggunaan garam pada makanan dan menggantinya dengan lada hitam, bubuk cabai, atau rempah lainnya yang dapat menambah rasa pada makanan.

5. Jadi vegetarian selama sehari dalam sepekan.
Terdapat bukti kuat yang menunjukkan banyak mengkonsumsi daging merah dapat meningkatkan risiko kanker usus. Alasan yang menguatkannya ialah senyawa yang memberikan warna merah pada daging dapat merusak lapisan usus.
Selain itu, daging olahan yang diawetkan dengan pengasapan, pengasinan, atau penambahan bahan pengawet memiliki zat yang dapat merusak sel-sel dalam tubuh, menyebabkan perkembangan sel kanker. Oleh karena itu, untuk mengruanginya cobalah sehari tanpa daging dan menjadi vegetarian.

6. Berjalanlah ketika ngobrol di telepon
Menyisihkan waktu 30 menit sehari untuk aktivitas fisik dapat mengurangi risiko kanker, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan membantu sistem pencernaan yang sehat. Bahkan hal kecil seperti berjalan sambil ngobrol di telepon, menggunakan tangga dari pada lift, atau parkir mobil sedikit lebih jauh dari tempat tujuan sangat memberikan efek yang besar.

7. Jalan kaki di sore hari
Ketimbang menghadap televisi atau komputer setelah makan malam, sebaiknya Anda berjalan kaki untuk menambah durasi aktivitas fisik anda per hari nya.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kanker
Editor : Gita Arwana Cakti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top