Riasan wajah gaya Flapper yang menjadi tren di era 1920-an/Youtube-Michelle Phan
Fashion

Tren Makeup 10 Dekade Dapat Jadi Inspirasi Anda

Duwi Setiya Ariyanti
Jumat, 15 Mei 2015 - 18:42
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Selain sebagai cara melindungi kulit wajah, penggunaan riasan bisa meningkatkan penampilan. Berikut ini tren makeup dari 10 era berbeda yang bisa menjadi inspirasi Anda.

Makeup Artist Ryan Ogilvy mengatakan tren makeup mengikuti perubahan tren di bidang fashion dan musik. Berbagai dekade, menurutnya, memiliki tren masing-masing. 

"Tren makeup itu mengikuti fashion dan musik. Memang enggak signifikan tapi setiap era punya karakteristik sendiri," ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Menurutnya, tren penggunaan makeup ini di antaranya menonjolkan beberapa bagian di wajah. Seperti di era 1920-an yang bermain di penggunaan penegas alis dan bentuk mata dengan eyeliner dan eyeshadow.

Tampilan Fierce Flapper gaya tahun 20-an bisa didapat dengan memberikan sentuhan pensil alis berwarna cokelat, eyeliner, dan eyeshadow berwarna abu-abu lengkap dengan bulu mata palsu lentik agar mata tampak lebih indah. Paduan lipstik berwarna merah gelap akan menambah kesan dramatis.

Suka dengan tampilan Classy? Gaya tahun 30-an bisa menjadi pilihan. Aplikasi eyeshadow bergaya smokey eyes dengan bulu mata lentik dan tebal serta ditambah blush on berwarna merah kecoklatan seperti kayu manis dan lipstik merah padam, menjadi pilihan di era ini.

Kemudian di tahun 1940-an ditandai dengan bingkaian eyeliner berwarna yang ditarik keluar dari garis mata bawah. Bulu mata tebal dan lentik serta alis tegas menyempurnakan gaya yang disebut pin up look tersebut.

Era 1950-an menjadi era untuk riasan wajah dengan bingkaian di bagian mata dan lipstik glossy berwarna pink fuschia. Namun, pada tahun 1960-an gaya chic rocker dengan pilihan warna gelap pada bagian mata dan bibir jadi tren.

Mata dibuat bergaya smokey eyes, blush on berwarna merah kecoklatan membuat tampilan Anda layaknya musisi beraliran rock.

Sementara itu, pada 1970-an tren tampilan riasan wajah ala disco diva mengemuka. Mata yang dipulas dengan eyeshadow berwarna hijau, pipi berwarna pink, dan bibir berwarna oranye menjadi ciri tampilan gaya ini.

Tahun 1980-an, Anda bisa melihat gaya riasan wajah dengan warna electric seperti gradasi ungu dan fuschia baik di mata dan bibir. Tren pemilihan warna berani memudar ketika menginjak generasi 90-an.

Terinspirasi musik pop, riasan wajah bergaya natural mulai terangkat. Kulit bersinar, riasan wajah lembut di bagian mata, alis tegas serta lipstik berwarna nude membuat Anda tampil alami.

Gaya era milenium atau 2000-an ditandai dengan statement di bagian bibir. Terlihat dari pilihan warna merah tapi membiarkan mata dan wajah tampak dengan riasan sederhana.

Hampir sama dengan tren makeup di 2010-an, smokey eyes dan pilihan lipstik berwarna merah seperti buah berry dan ungu yang cenderung padam mengemuka.

"2010-an sekarang ini, lipstik lebih bold, strong. Tapi bagian lainnya dibuat flawless," kata Ryan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro