Ilustrasi/Pixshark
Relationship

4 Tips Sederhana Menjadi Pemimpin Yang Inspiratif

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 15 Mei 2015 - 14:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Menjadi pemimpin adalah jauh lebih dari sekedar memiliki posisi di mana Anda dapat memberikan perintah dan berada di atas sebuah tim yang Anda pimpin.

Menjadi pemimpin yang baik juga berarti bahwa orang bersedia untuk mengambil dan mendengarkan masukan bawahan Anda, dan melihat Anda sebagai pemimpin mereka. Seorang pemimpin yang baik bukan hanya ingin ditakuti dan disegani bawahannya, namun ada beberapa cara yang bisa Anda perhatikan lebih jauh untuk menjadi pemimpin yang baik.

Berikut 4 tips sederhana yang dapat Anda latih untuk menjadi seorang pemimpin yang baik.

Ambil bagian
Menjadi bagian dari tim Anda pimpin. Menjadi seorang pemimpin atau atasan tidak berarti bahwa Anda menjauhkan diri dari kelompok Anda. Bahkan, jika Anda bergaul dengan baik dengan orang-orang mereka akan lebih mendukung Anda dan membantu Anda memimpin lebih baik.

Percaya diri
Menjadi percaya diri dalam pengambilan keputusan adalah salah satu bagian yang paling penting dari menjadi seorang pemimpin yang baik. Orang-orang melihat pemimpin dapat membuat pilihan percaya diri dan memiliki kekuatan untuk memutuskan dengan cepat dan benar, dan jika Anda yakin kemampuan Anda pengambilan keputusan, maka Anda pasti akan menjadi pemimpin yang baik.

Bertanggung jawab
Selalu mengambil tanggung jawab dari hal-hal yang berhubungan dengan tim Anda. Jika Anda memiliki posisi pemimpin dalam tim, dan jika anggota tim melakukan kesalahan, Anda harus melangkah dan mengambil tanggung jawab dari tindakan mereka. Ini adalah tipe pemimpin yang baik.

Sedikit bicara kurang, banyak mendengarkan
Memimpin sebuah tim tidak selalu berarti memberi perintah dan hanya mengatakan apa yang Anda pikirkan. Hal ini juga tentang mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Dan jika Anda seorang pendengar yang baik, Anda bisa menjadi pemimpin yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro