Ilustrasi/Businessnewsdaily
Relationship

7 Hal Harus Dilakukan Saat Anda Jadi Bahan Gosip

Duwi Setiya Ariyanti
Rabu, 10 Juni 2015 - 12:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Gosip tak sedap bisa melanda siapa saja, baik di lingkungan kantor, kampus, atau di mana pun Anda beraktivitas. Lalu apa yang harus Anda lakukan saat menjadi bahan gosip? Berikut hal yang bisa dilakukan saat semua orang membicarakan diri Anda seperti yang dikutip dari Allwomenstalk, Rabu (10/6/2015).

1. Mengabaikannya

Terkadang, cara terbaik meredam gosip adalah dengan mengabaikannya. Anda tak perlu menghabiskan tenaga untuk menjelaskan semuanya bahwa apa yang dibicarakan salah. Tak perlu terbawa situasi dengan membuat mereka mendengar penjelasan Anda. Biarkan saja dan semua akan berlalu.

2. Menertawainya

Bukankah hal yang menjadi bahan gosip itu tidak benar? Kalau begitu, tertawakan saja karena Andalah yang mengetahui mana yang benar. Tak usah pedulikan apa yang mereka bicarakan, apalagi terjebak dan terpancing emosi yang membuat Anda justru tak elegan. Pasti ada satu titik saat mereka mulai bosan dan beralih ke topik lain.

3. Jadilah yang Pertama

Ketika tahu orang mulai membicarakan Anda, jadilah yang pertama memberi klarifikasi sebelum gosip bergulir ke lebih banyak orang. Masuklah ke dalam kerumunan dan coba jelaskan. Hal ini akan lebih mudah daripada membiarkannya bergulir dan menbuat perasaan tak enak karena Anda menjadi bahan pembicaraan banyak orang.

4. Jangan Tunjukkan Kemarahan

Semarah apa pun Anda saat mendengar kabar buruk tentang Anda sendiri, jangan tunjukkan. Ini bisa jadi cara paling bijaksana saat mengetahui banyak orang bergunjing tentang Anda. Gosip kadang dibuat untuk melemahkan Anda. Tak menunjukkan kemarahan bisa membuat kesan bahwa Anda kuat dan tak bisa tergoyah dengan perkataan orang lain. Menunjukkan kemarahan, justru akan menurunkan harga diri Anda di depan mereka.

5. Hati-Hati Saat Bicara

Gosip mungkin keluar karena Anda salah memilih orang yang mendengar informasi pribadi. Jadi daripada hal itu terjadi bahkan terulang, lebih baik Anda berhati-hati saat bicara. Ketahuilah orang yang tepat yang pantas mendengar berbagai keluh kesah Anda. Jangan sampai keinginan Anda untuk melepaskan beban emosi dengan bercerita ke rekan terdekat justru menjadi masalah baru karena Anda informasi rahasia diketahui banyak orang. Pilih dengan cermat informasi yang pantas Anda bagikan dan disimpan sendiri.

6. Membalas dengan Gosip

Menanggapi gosip bisa juga dilakukan dengan membuat gosip tandingannya. Setelah gosip tandingan beredar, pastinya gosip tentang Anda mulai meredup. Barulah, tanyakan kepada mereka yang menggosipkan Anda terkait motif mereka. Pastikan semuanya dilakukan dengan kepala dingin agar semua masalah menjadi jelas dan bisa diselesaikan.

7. Memahami

Memahami tentang apa dan mengapa gosip terjadi akan banyak membantu. Mengapa orang tertarik membicarakan orang lain? Rasa ingin tahu, senang dengan kesialan orang lain, dan banyak motif lainnya. Bila Anda bisa memahami mengapa Anda menjadi bahan pergosipan, hal ini tak akan sulit untuk dilewati. Tak ada esensinya membicarakan kehidupan pribadi orang lain. Gosip pun tak akan bisa melumpuhkan atau menghambat Anda meraih target dalam hidup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Allwomenstalk
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro