Buah-buahan/JIBI-Rachman
Health

Tips Puasa Sehat Dilengkapi Buah Berserat dan Vitamin C

Reni Efita
Rabu, 24 Juni 2015 - 16:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Di Indonesia kita puasa selama 14 jam, sementara cadangan energi karbohidrat ditubuh hanya bertahan sekiar10 jam, sehingga cadangan energi lemak akan digunakan bila kita kekurangan energi.

Untuk itu perlu pengaturan pola makan. Bagaimana puasa yang sehat?
Dokter spesialis gizi klinis dari FKUI Fiastuti Witjaksono mengatakan 40% energi dipenuhi waktu sahur dan 60% waktu berbuka, sedangkan asupan energi waktu berbuka dapat dilakukan waktu berbuka dan sesudah shalat Tarawih.
 
Energi waktu sahur dapat diperoleh dari asupan makanan besar sebesar 30% dan makanan kecil 10% dan minum air putih 3 gelas sebelum imsak. Sedangkan energi waktu berbuka diperoleh dari makanan manis waktu membatalkan buka puasa sebesar 15%, makanan lengkap 30%, dan makanan kecil 15%. Untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh selama puasa, maka selama waktu berbuka minum air sebanyak 5 gelas.
 
Supaya selama puasa tidak terasa lapr, katanyam diperlukan konsumsi serat yang banyak. Buah kiwi Zespri green merupakan salah satu buah yang paling tinggi seratnya dan kiwi zaspri gold merupakan buah yang kaya vitamin C yang 3 x jeruk dan nutrisinya 10 x apel.
Makan lengkap saat sahur mencakup korbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, sayur dan buah, susu 1 gelas, air minum 3 gelas. Waktu sahur dianjurkan konsumsi buah tinggi serat, supaya rasa kenyangnya bertahan lama dan tidak mudahblapar. Hindari minum manis, karena risiko lapar dan hipoglisemia.
 
Sedangkan waktu berbuka, kata Fiastuti, dimulai dengan makanan manis, agar cepat mengganti kadar gula yang sudah turun, sebainya sesuai dangan suhu tubuh (hangat). Seperti teh manis, kurma, kolak, koktail dan lain. Cukup satu kali saja.
 
Sementara untuk makan lengkapnya berupa karbohidrat, protein hewani, protein nabati, lemak, sayur&buah;, minum untuk mencukup kebutuhan 1,5-2 liter per hari.
 
Kadangkala waktu makan kurang memperhatikan gizi seimbang, sering dilupakan konsumsi buah dan sayuran.
 
Buah banyak pilihannya ragamnya. Kandungan vitamin C dan seratnya juga berbeda. Waktu puasa, kita juga perlu memperhatikan asupan serat, karena serat dapat membantu menjaga kadar glukosa darah lebih stabil sehingga rasa kenyangnya bertahan lebih lama. Juga memilih buah yang Vitamnin C tinggi, karena Vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh.
 
Mengkonsumsi buah kiwi Zespri waktu Ramadan, kata Fiastuti, dapat membantu rasa kenyang bertahan lama, kadar glukosa darah tetap stabil sehingga tidak mudah lapar, mencerna protein lebih opyimal, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mencegah penyakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro