Ilustrasi/Linkedin
Relationship

4 Tips Untuk Dapatkan Pekerjaan Setelah Dipecat

Andhina Wulandari
Selasa, 14 Juli 2015 - 10:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Setelah dipecat dari perusahaan, Anda mungkin berpikir tidak dapat mendapatkan pekerjaan lagi. Meski sulit, itu bukan hal yang tidak mungkin.

Anda bisa mendapatkan pekerjaan lagi setelah dipecat dengan mengikuti beberapa tips berikut ini.

1. Minta rekomendasi

Hal ini tergantung pada alasan Anda dipecat. Jika memang memungkinkan, mintalah surat rekomendasi dari pihak perusahaan bahwa pemecatan itu bukan karena Anda berperilaku buruk, melainkan karena alasan lain. Namun jika pemecatan tidak berjalan baik-baik, maka Anda tidak bisa meminta surat tersebut.

2. Dapatkan rekomendasi dari pihak luar

Apabila tidak memungkinkan untuk mendapatkan rekomendasi dari dalam perusahaan, maka Anda harus mencarinya dari pihak lain. Itulah mengapa Anda tidak boleh melupakan networking dengan orang-orang di luar perusahaan. Anda bisa meminta rekomendasi dari mantan rekan kerja, teman kuliah, mantan atasan, dan lainnya.

3. Jangan sekadar menganggur

Anda mungkin ingin menyembuhkan rasa sakit hati akibat dipecat, tapi jangan lantas sekadar menganggur tanpa melakukan apa pun. Anda bisa tetap menyibukkan diri dengan bekerja lepas, ikuti kursus, seminar, atau apa saja yang bisa Anda kerjakan agar resume Anda tidak kosong. Cara ini bisa menambah pengalaman sekaligus membuat nama Anda tetap baik saat Anda akan melamar pekerjaan.

4. Hati-hati dalam memilih kalimat

Saat Anda melamar di perusahaan lain, berhati-hatilah dalam memilih kalimat yang menjelaskan alasan Anda dipecat. Anda bisa mengatakan ada perbedaan filosofi kerja, perbedaan arahan kreatif, atau perampingan perusahaan. Intinya, jangan sampai Anda menjelek-jelekkan perusahaan sebelumnya, meski Anda merasa benci karena dipecat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Career-advice.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro