Inilah Cara Perawatan Rambut Tradisional ala Masyarakat Betawi

Apakah Anda mau merawat rambut a la Betawi supaya hitam dan tidak rontok?Penduduk Betawi sudah melakukan perawatan rambut sejak dulu kala.
Reni Efita | 02 Agustus 2015 16:55 WIB
Ilustrasi - Hairstylestars
Bisnis.com,  JAKARTA -- Apakah Anda mau merawat rambut ala masyarakat Betawi supaya hitam dan tidak rontok?
Penduduk Betawi sudah melakukan perawatan rambut sejak dulu kala.
 
Dari dulu, kata Dr.Husniah Rubiana Thamrin Akib Wakil Ketua Bidang Kajian Obat dan Farmakoterapi IDI, penduduk Betawi mencuci rambut dengan air merang yang dicampur santan dan parutan jeruk purut. Baunya wangi dan, dipakai sebagai kondisioner.
Lalu diberi minyak kelapa yang dimasukan dalam daun mangkokan, orang-aring, pandan. Sekarang, katanya, susah memakai minyak kelapa itu, karena rambut jadi lepek.
 
Lalu pilihan lainnya bisa pakai lidah buaya. Seperti pengalaman Dr. Husniah yang asli Betawi. Rambutnya pernah dikeriting, karena lurus sehingga proses pengeritingannya dilakukan berulang-ulang. Akibatnya rambut rontok. "Kata nenek saya pakai lidah buaya supaya rambut tidak rontok," kata Husniah, setelah talk show Tangas Betawi di area pameran Beauty Profesional di JCC, Jumat (31/7/2015).
 

Dia menjelaskan pemakaian lidah buaya sebelum keramas. Tapi perlu didiamkan satu malam.

"Rambut awet dan tidak rontok serta lebih hitam," kata Husniah yang sampai sekarang masih pakai lidah buaya sebagai perawatan rambutnya.
 
Lidah buaya yang dicampur kemiri dan daun seledri, katanya, juga bisa dipakai untuk anak-anak.
 
 
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
rambut

Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top