Ilustrasi/Linkedin
Relationship

5 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Menganggur

Andhina Wulandari
Senin, 24 Agustus 2015 - 10:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Mencari pekerjaan baru mungkin menjadi kegiatan sehari-hari Anda saat menganggur. Tapi sebenarnya ada beberapa hal lainnya yang bisa Anda lakukan, berikut ini di antaranya.

1. Menjadi sukarelawan

Dengan menjadi sukarelawan dan bekerja untuk amal, Anda sebenarnya bisa mendapatkan banyak pengalaman berharga. Anda bisa mengembangkan kemampuan, berkenalan dengan orang baru, menjalin networking, dan pengalaman itu pun bisa memperindah resume atau curriculum vitae Anda.

2. Jaga kemampuan Anda

Jangan sampai Anda lupa cara bekerja karena sudah terlalu lama menganggur. Kembangkan lagi keahlian Anda dengan mengikuti kursus, seminar, atau workshop.

3. Networking

Meski menganggur bukan berarti Anda memilih untuk bersembunyi di rumah dan tidak melakukan networking. Tetap jalin hubungan dengan orang-orang, seperti mantan kolega, teman kuliah, dosen, dan lain sebagainya.

4. Kerja freelance

Salah satu kegiatan lainnya yang menguntungkan adalah dengan bekerja lepas atau freelance. Dengan bekerja lepas Anda bisa meningkatkan kemampuan, menambah pengalaman, menambah rasa percaya diri, networking, dan tentunya bagus untuk resume Anda. Jadi saat Anda melamar pekerjaan di tempat baru, Anda tidak terlihat seperti seorang pengangguran yang malas-malasan.

5. Buat identitas online

Manfaatkan kehadiran media sosial dan ciptakanlah identitas online Anda. Buatlah agar Anda bisa dicari oleh para pencari kerja. Anda bisa mendaftar di situs pencari kerja, memperbaiki profil LinkedIn, atau membuat blog sendiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Careerealism
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro