Ilustrasi/Premierptny
Health

Tips Ikuti Lomba Lari Bagi Pemula

Dimas Novita Sari
Jumat, 11 September 2015 - 10:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ajang lomba lari kini semakin marak digelar. Animo masyarakat pun cukup tinggi untuk mengikutinya. Namun, bagi Anda yang pemula, apa saja yang perlu dilakukan sebelum mengikuti lomba lari tersebut.

Dalam keterangan tertulis yang diterima, Jumat (11/9/2015), Perusahaan Farmasi Combhiphar kembali menggelar COMBI RUN sebagai bagian dari komitmen perusahaan untuk menginspirasi masyarakat Indonesia menerapkan gaya hidup sehat melalui olah raga lari.

Pada penyelenggaraan kali ini, COMBI RUN menghadirkan sesi konsultasi bersama pelatih lari Pelatnas Agung Mulyawan untuk mempersiapkan peserta sebelum berlomba yang telah digelar pada 3 September lalu.

Adapun tips persiapan bagi pelari pemula untuk mengikuti lomba ialah sebagai berikut:

1. Cek Kesehatan

Pentingnya mengetahui kondisi fisik Anda sebelum mengikuti race atau lomba merupakan tahap awal untuk mempersiapkan stamina guna mencapai hasil yang maksimal. Kesanggupan Anda untuk mengikuti race dapat ditentukan dari pengecekan kesehatan diri secara keseluruhan.

2. Tes Fisik Anda

Hal ini hampir sama dengan pengecekan kesehatan, tetapi lebih fokus di kondisi kemampuan lari Anda. Salah satunya kita bisa mengetahui kapasitas oksigen maksimal kita dalam tubuh melalui tes VO2max. Selain itu juga penting untuk mengetahui kekuatan otot tubuh dan fleksibilitas untuk menghindari cidera.

3. Latihan Berkala

Disarankan bagi pelari pemula untuk melakukan latihan secara bertahap. Kombinasikan antara lari dan jalan secara berkala, kemudian dilanjutkan kepada tahap yang lebih advanced.

4. Menerapkan Teknik Lari yang Tepat

Teknik lari dasar seperti Running ABC, yaitu menerapkan tiga tahapan posisi dasar lari, teknik kelenturan seperti planking, dan teknik pemanasan merupakan hal yang penting untuk dipelajari guna mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Mengatur Waktu Antara Tahap Persiapan dan Tahap Kompetisi

Persiapkan waktu untuk melakukan tahap persiapan lari, dengan melakukan latihan berkala dalam jangka waktu tertentu sebelum Anda siap untuk melangkah ke tahap kompetisi

Masih sama dengan tahun sebelumnya, COMBI RUN gelaran ketiga kali ini akan dilaksanakan di kawasan Alam Sutera Tanggerang pada Minggu (13/9/2015).

Pada penyelenggaraan kali ini, COMBI RUN meningkatkan kualitas acara dengan menyertakan pelari-pelari nasional seperti Peraih emas Lari Jarak 10.000 m di Sea Games 2015 Agus Prayogo dan Jauhari Johan dalam perlombaan lari 5 km dan 10 km.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro