Adipati Kosemadji. /Bisnis.com
Entertainment

Adipati Dolken Ketagihan Peran Pahlawan Nasional

Azizah Nur Alfi
Minggu, 13 September 2015 - 13:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aktor muda Adipati Dolken mengaku ketagihan berperan dalam film yang mengangkat kisah perjuangan tokoh pahlawan nasional. Pemilik nama asli Adipati Kosemadji yang baru-baru ini berperan sebagai Jenderal Soedirman ini berharap dapat kembali memerankan karakter pahlawan.

Salah satu yang ingin dia perankan adalah karakter pahlawan Pattimura. “Sejak kecil aku suka dengan Pattimura. Dari kecil [melihat] foto Pattimura di sekolah-sekolah,” tuturnya.

Pengalamannya memerankan Jenderal Soedirman dengan sangat baik, membuatnya yakin dapat berperan dalam film sejarah berikutnya yang mengangkat kisah pahlawan Indonesia. Pattimura atau atau Thomas Matulessy, lahir di Haria, pulau Saparua, Maluku, 8 Juni 1783. Pahlawan nasional ini meninggal di Maluku, 16 Desember 1817 pada umur 34 tahun.

Adipati mengaku menikmati proses menjiwai peran tokoh nasional dengan total. Hal itu terbukti saat meriset beragam dokumentasi baik tertulis maupuan video tentang Jenderal Soedirman. Dia mengaku untuk keperluan film sejarah ini dia melakukan riset hingga 4 bulan.

Selain riset, Adipati juga rela berjemur untuk menggelapkan warna kulitnya yang putih. Film Jenderal Soedirman menjadi film sejarah pertama Adipati sebagai bintang utama. Namun, ini menjadi film ketiganya bermain dalam film biografi. Sebelumnya, Adipati berperan sebagai Harun dalam film Sang Kiai (2013), dan sebagai Bimbim dalam film Slank Nggak Ada Matinya (2013).

Sadar dengan posisinya sebagai figur publik yang memiliki banyak penggemar, dia tidak ingin gegabah dalam memberikan contoh. Melalui film yang mengangkat kisah tokoh menginspirasi ini, Adipati ingin memotivasi anak muda. “Dengan peran ini, gue lebih kenal pak Soedirman yang nama jalannya selalu kita lewati setiap hari,” ungkapnya.  []

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Azizah Nur Alfi
Editor : Fatkhul Maskur
Sumber : Bisnis Indonesia, Minggu (13/9/2015)
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro