Ilustrasi/Healthcontractor
Health

Inilah 4 Faktor Risiko Terjadinya Masalah Kesehatan Kulit

Reni Efita
Rabu, 21 Oktober 2015 - 23:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --  Tidak semua orang mempunyai kulit  yang  sehat, tapi banyak pula yang bermasalah. Inilah empat faktor risiko terjadinya masalah kesehatan kulit.

Dr. Adhimukti T. Sampurna, SpKK, spesialis kulit Bamed Skin Care mengatakan masalah kulit yang timbul sewaktu-waktu tidak bisa diangap sepele, tapi perlu penanganan yang tepat dan segera.

Adhimukti dalam temu media yang membahas topik Jangan sembarangan, cermatilah dalam merawat kulit, Rabu (21/10/2015), mengatakan  terdapat beberapa faktor risiko terjadinya masalah kesehatan kulit.

Pertama suhu yang panas dan kelembapan tinggi di iklim tropis meningkatkan aktivitas berkeringat, meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit terutama oleh jamur. Aktivitas kelenjar keringat yang tinggi akan diimbangi oleh aktivitas kelenjar minyak yang tinggi pula. Aktivitas kelenjar minyak yang tinggi akan meningkatkan risiko terbentuknya komedo, dan akhirnya jerawat. Hiperaktivitas kelenjar minyak juga dapat menyebabkan masalah dermatitis seboroik;

Kedua pajanan sinar matahari yang konstan sepanjang tahun meningkatkan risiko terjadinya tumor kulit, baik tumor jinak maupun tumor ganas (kanker). Pajanan sinar matahari konstan dapat pula menyebabkan flek gelap wajah karena penuaan misalnya melasma

Ketiga polusi dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik, asap kebakaran hutan meningkatkan radikal bebas, menyebabkan kerusakan jaringan kulit lebih cepat, menyebabkan peradangan kulit (dermatitis).

Keempat pemakaian kosmetik dekoratif, produk dan tindakan perawatan kulit yang tidak tepat dapat berakibat buruk untuk kesehatan kulit, dan malah menyebabkan masalah kesehatan kulit seseorang.

Terakhir, pemakaian kosmetik dekoratif yang terlalu menutup pori-pori kelenjar minyak kulit, dalam jangka panjang dapat berakibat timbulnya jerawat, terutama pada kulit berminyak.

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Reni Efita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro