Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

10 Kebiasaan Aneh Saat Tidur dan Penyebabnya

Tidur nyenyak penting baik Anda dan kesehatan. Banyak penyakit serius dikaitkan dengan kurangnya tidur atau insomnia. Telah terbukti secara medis bahwa tidur yang lebih baik berarti kesehatan yang lebih baik.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 17 November 2015  |  12:36 WIB
Insomnia - boldsky.com
Insomnia - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA—Tidur nyenyak penting baik Anda dan kesehatan. Banyak penyakit serius dikaitkan dengan kurangnya tidur atau insomnia. Telah terbukti secara medis bahwa tidur yang lebih baik berarti kesehatan yang lebih baik.

Insomnia disebutkan bisa memicu penyakit jantung, depresi, kenaikan berat badan, kebingungan mental, gelisah dan mudah tersinggung. Anda juga bisa sering merasa lelah dan letih.

Kita harus mendapatkan setidaknya delapan jam tidur dalam sehari agar disebut memenuhi standar tidur yang ideal. Tidur juga penting untuk kulit Anda. Orang yang tidak mendapatkan tidur yang cukup cenderung mendapatkan tanda-tanda awal penuaan.

Banyak alasan orang sulit tidur dengan nyenyak. Misalnya saja mereka mengalami hal aneh saat tidur. Beberapa orang bisa mengigau dan berjalan saat tidur. Mendengar lain suara meledak keras yang membangunkan mereka, dan lainnya.

Tentunya, Anda ingin mengetahui penyebab hal tersebut terjadi bukan? Berikut beberapa kebiasaan aneh yang sering terjadi saat tidur dan penyebabnya.

Mengigau
Berbicara saat tidur, juga dikenal sebagai somniloquy berarti orang berbicara saat tidur atau membuat suara, yang kemudian kita kenal dengan mengigau. Alasan utama orang mengigau biasanya karena stres, konsumsi alkohol atau kelelahan.

Makan saat tidur
Orang-orang ini dapat makan saat tidur. Mereka bangun dari tempat tidur mereka dan pergi ke dapur. Kemudian membuka lemari es makan makanan beku langsung dari freezer. Kondisi ini dapat membahayakan orang itu bisa melukai dirinya sendiri ketika dia memegang pisau atau makan makanan beku.

Melakukan hubungan seks saat tidur

Dalam kondisi ini, karena cukup jelas dari namanya, orang terlibat dalam aktivitas seksual dengan pasangan nya saat tidur atau sebelum ia benar-benar terjaga. Hal ini mungkin terjadi jika orang tersebut bermimpi tentang seks. Kondisi ini sangat memalukan dan kemudian Anda mungkin menyesal.

Mimpi Jatuh
Dalam kondisi ini orang merasa seolah-olah ia jatuh dari langit, tebing atau gunung. Hal ini disertai dengan bergerak cepat saat tidur dan akhirnya orang itu bangun. Ketika kita bermimpi tubuh kita akan lumpuh namun dalam tidur jatuh seseorang bermimpi tanpa mendapatkan tubuhnya dalam "off" mode.

Kelumpuhan tidur
Kelumpuhan tidur berarti bahwa seseorang terjaga tapi masih tidak bisa bergerak dan merasa lumpuh. Hal ini terjadi sebelum bangun ketika seseorang merasa bahwa ia terjaga tetapi tidak dapat bergerak bagian tubuhnya. Alasan untuk ini adalah bahwa bagian dari otak bangun lebih cepat dari bagian lain dari otak. Ini bagian dari otak yang membuat Anda merasa terjaga dan waspada, sementara bagian otak mengendalikan otot masih dalam istirahat. Kondisi ini tidak fatal, tapi mungkin sedikit menakutkan.

Tidur berjalan

Anda mungkin tertawa melihat saudara atau rekan Anda tidur sambil berjalan, namun kondisi ini dapat mengancam kehidupan orang tersebut, karena dia mungkin menempatkan dirinya dalam bahaya. Dalam kondisi tidur ini, seseorang berjalan saat tidur dan ia tidak mampu untuk menghafal hal-hal yang terjadi padanya saat tidur. Kasus-kasus terutama adalah karena kebiasaan konsumsi alkohol, kelelahan ekstrim, terganggu pikiran dan penyakit.

Seolah mendengar ledakan

Dalam kondisi ini, orang bangun saat ia mendengar suara ledakan, flash kuat cahaya atau perasaan bahwa kepala mereka meledak. Alasan untuk ini adalah sama seperti yang dari "jatuh saat tidur". Hal ini terjadi karena beberapa bagian dari otak seseorang yang berfungsi penuh selama tidur dan orang itu tidak benar-benar tidur.

Mimpi buruk
Mimpi buruk membuat orang takut tidur. Dia mungkin berteriak dan bangun karena mimpinya tersebut. Kondisi ini bisa berlangsung 2-15 menit, tidak berbahaya tetapi mungkin sangat tidak nyaman untuk orang seperti dia karena memiliki rasa takut yang ekstrim. Alasan utama adalah tingkat stres yang tinggi, kelelahan ekstrim, kelelahan dan kandung kemih overfull. Cedera kepala dan migrain mungkin juga menjadi alasan untuk ini.

Tidur sambil menyetir
Dalam kondisi ini orang bisa menyetir dalam jarak pendek hingga jauh tanpa terjaga. Hal ini dapat berbahaya karena orang tersebut mungkin bertabrakan kendaraan dan bisa terluka parah. Ini terjadi karena kelelahan yang luarbiasa dan mengantuk yang ditahan

Mendengkur
Orang yang mendengkur umumnya yang memiliki masalah penrnapasan. Ada banyak penjelasan yang untuk orang yang memiliki kebiasaan mendengkur seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke tapi alasan utama untuk mendengkur adalah obesitas, pengobatan dan menggunakan bantal sangat lembut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tidur

Sumber : boldsky.com

Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top