Ilustrasi/Dailyperricone
Health

Ini Penyebab Gigi Tonggos

Newswire
Senin, 14 Desember 2015 - 23:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-- Spesialis ortodonti mengungkapkan, risiko gigi tonggos bisa muncul karena berbagai hal. Salah satunya akibat seringkali mengalami pilek saat kecil.

"Sering pilek saat kecil. Hidung yang mampet, seringkali membuat penderita bernapas melalui mulut. Akibatnya gigi bisa terdorong ke depan (tonggos)," kata drg Dwi Anie Lestari SpOrt, Senin (14/12/2015).

Selain itu, faktor genetika dan sejumlah kebiasaan buruk seperti kebiasaan menghisap jari, terlalu lama minum dari dot (saat kecil), kebiasaan menggigit kuku atau pensil juga bisa menyebabkan gigi menjadi tonggos.

Dwi mengatakan, anak-anak sebaiknya sudah dibawa ke dokter gigi agar pertumbuhan giginya terpantau. Bila ternyata memiliki sejumlah kebiasaan buruk, maka orang tua perlu segera menghentikannya.

Bila memang gigi tonggos tak bisa teratasi dengan memperbaiki kebiasaan, maka prosedur pemasangan kawat gigi bisa menjadi salah satu solusi mengatasinya.

"Kalau gigi tonggos terjadi di usia muda, bisa dilakukan perawatan gigi (pemasangan kawat gigi). Tetapi kalau tonggosnya keterlaluan (parah), bisa dilakukan operasi," kata Dwi.

Dokter gigi Fadli Jazaldi, mengungkapkan, kawat gigi pada prinsipnya memberi tekanan pada gigi geligi agar susunannya menjadi baik.

"Alatnya bermacam-macam. Pada anak-anak kawatnya bersifat bisa dilepas, karena anak masih mengalami tumbuh kembang. Seiring bertambahnya usia, perlu alat dengan kemampuan lebih baik, yakni fixed orthodontic," kata Fadli.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Antara
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro