Ilustrasi/Cambridgeinternational
Relationship

15 Cara Efektif Meningkatkan Produktivitas Kerja

Duwi Setiya Ariyanti
Senin, 28 Desember 2015 - 18:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA--Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk meningkatkan produktivitas kerja. Apalagi, tahun segera berganti. Mungkinkah Anda mempertahankan capaian produktivitas rendah di tahun depan? Bila ragam cara yang dilakukan belum memberi hasil, berikut 15 cara untuk meningkatkan produktivitas seperti yang dikutip dari Fast Company, Senin (28/12/2015) bisa menjadi inspirasi.

1. Merapikan meja

Mungkin kreativitas muncul dari ketidakteraturan. Tapi tumpukan sampah dan barang-barang tak berguna akan menghalangi kerja Anda. Alasannya, mengurangi kemampuan Anda untuk mengorganisasi barang di sekitar. Dokumen-dokumen yang menumpuk akan mengingatkan Anda tentang masalah yang belum selesai. Meskipun itu sepele, Direktur Penelitian dari NeuroLeadership Josh Davis mengatakan ketidakmampuan dalam menjaga kerapian meja bisa saja menjadi tanda kurangnya kemampuan untuk tetap fokus. Meja kerja yang rapi menandakan pemiliknya lebih sedikit mengalami frustasi. Pasalnya, meja yang lebih rapi akan menjaga pemiliknya bekerja lebih fokus dan bertahan lebih lama dibanding pemilik meja yang berantakan.

2. Selesaikan prioritas di angka 20% jam kerja

Tak peduli sesulit apa hari Anda, pastikan Anda menyelesaikan hal dalam prioritas paling tidak 20% dari 8 jam kerja Anda. Kira-kira 90 menit Anda di kantor bisa dihabiskan untuk tugas-tugas yang harus diutamakan. Angka ini akan membantu Anda membuat kemajuan setiap hari meskipun angkanya kecil. Charlotte, Coach Produktivitas dari Kimberly Medlock di Utara Carolina mengatakan kendati 80% di antaranya telah dihabiskan untuk tugas lainnya, paling tidak Anda telah menyelesaikan 20% untuk hal yang lebih penting.

3. Kurangi waktu kerja

Anda pikir bisa mendapat sesuatu yang lebih dengan menambah waktu kerja?Berdasarkan penelitian Profesor John Pencavel dari Stanford, pada 2014 bahwa sejak era Perang Dunia I waktu kerja meningkat sebanyak 49 jam. Daripada menambah waktu kerja, lebih baik membuat Anda lebih produktif dan bekerja lebih cepat. Alhasil, Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk mengerjakan beban kerja yang sama. Kenyatannya, mereka yang bekerja selama 70 jam sepekan memiliki produktivitas yang sama dengan mereka yang menghabiskan 56 jam di kantor.

4. Berhenti menelepon

Anda mungkin sulit melepaskan perhatian dari ponsel pribadi meskipun sedang bekerja. Tapi ternyata memang lebih baik Anda mematikan ponsel selama bekerja. Pasalnya, ponsel merupakan hambatan utama saat bekerja. Seperti yang diungkap Journal of Experimental Psychology: Human Perception and Performance, bahwa kendati Anda tak mengecek ponsel, pemberitahuan lewat getaran membuat pikiran Anda teralihkan.

5. Mematikan pemberitahuan surat elektronik

Sama seperti pemberitahuan pada ponsel, pemberitahuan pesan baru pada surat elektronik juga sangat mengganggu pekerjaan. Alexandra Samuel, penulis buku Work Smarter With Social Media mengatakan bila perlu untuk sementara waktu Anda membuat akun surat elektronik Anda bermasalah. Gunakan penyaringan ketat atau biarkan fitur pemberitahuan surat elektronik tak aktif. Tujuannya, agar Anda tetap fokus pada apa yang dikerjakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

1 dari 3 halaman
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro