Ilustrasi/Wisecareers
Relationship

5 Cara Tetap Bahagia Saat Bekerja di Kantor

Andhina Wulandari
Senin, 18 Januari 2016 - 11:39
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Sebesar apa pun minat Anda bekerja di kantor saat ini, kadang stres, jam kerja, dan masalah di kantor bisa membuat Anda tidak bahagia.

Menurut Beth Thomas, penulis buku Powered by Happy: How to Get and Stay Happy at Work, orang memiliki kecenderungan menghabiskan waktu dengan kantor dengan perasaan tidak bahagia.

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk membawa kebahagian pada pekerjaan dan menjadi lebih sukses di kantor, menurut laman Entrepreneur.

1. Pikirkan masa sekarang

“Banyak pikiran negatif datang karena terlalu banyak mengkhawatirkan situasi yang mungkin tidak akan terjadi,” kata Thomas. Sebagai seorang pekerja ataupun pengusaha, Anda memerlukan perencanaan, tapi bukan berarti Anda terus-menerus mengkhawatirkan tentang kegagalan rencana Anda, Hal itu, menurut Thomas, justru bisa membuat Anda makin stres dan akhirnya tubuh lebih cepat lelah hingga produktivitas berkurang.

2. Jauhkan pikiran negatif

Setiap kali pikiran negatif muncul di kepala Anda, maka hentikan dan ubah dengan pikiran positif. Lakukan hal berikut ini selama beberapa minggu, maka nantinya akan menjadi sebuah kebiasaan baru yang bisa meningkatkan rasa bahagia di kantor sekaligus hidup Anda.

3. Bantu orang lain

“Kebahagiaan di kantor tidak hanya tentang pencapaian Anda sendiri. Anda membantu orang lain bukan untuk membuat diri sendiri bersinar, tapi juga untuk meningkatkan performa tim lebih baik,” kata Thomas. Cobalah buat sebuah program mentoring di mana para staf senior bisa membantu staf yang lebih junior.

4. Beristirahat

Kadang tubuh dan pikiran Anda butuh istirahat. Meski Anda menyukai pekerjaan tersebut, stres yang ditimbulkannya bisa membuat Anda tidak bahagia. Cobalah buat jadwal cuti atau liburan di mana Anda bisa menjauhkan pikiran dari pekerjaan dan benar-benar lakukan relaksasi tubuh.

5. Simpan jurnal

Kebahagiaan adalah tentang mengetahui dan bersyukur apa yang Anda miliki. Tuliskan lima hal yang patut Anda syukuri setiap hari sebelum bekerja atau ketika akan pulang kantor. Intinya, fokuskan pikiran Anda untuk tetap positif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : Entrepreneur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro