Dewi Yull. /Bisnis.com
Entertainment

Dewi Yull Mulai Lirik Bisnis Batik Tulis Cirebon

Novie Isnanda Pratama
Sabtu, 13 Februari 2016 - 12:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Masih ingat dengan Dewi Yull? Lama tak muncul di layar kaca, penyanyi sekaligus aktris senior asal kota pesisir Cirebon Dewi Yull memiliki cerita baru terkait perjalanan hidupnya. Penyanyi bergenre pop dan keroncong itu akan mengisi waktu luangnya dengan kegiatan yang bermanfaat.

Dewi yang kini menginjak usia 54 tahun ini mengaku tengah menggeluti bisnis batik tulis khas Cirebon. Penyanyi yang mengawali kariernya pada 1977 tersebut mengungkapkan dirinya tengah beradaptasi untuk mengawasi para perajin batik di Cirebon yang nantinya produk-produk tersebut akan dijual di pasaran.

“Saya sedang belajar mengasuh para pembatik tulis dari Cirebon. Saya lihat langsung hasil-hasilnya, kemudian akan saya jualkan,” kata pelantun lagu Rindu Yang Terlarang tersebut seperti dilansir Antara.

Dewi yang kini telah memiliki empat orang anak itu mengaku dirinya kagum dengan karya-karya pembatik tulis di Indonesia, khususnya Kota Cirebon. Keapikan garis, kerapatan motif dengan ketelitian yang tinggi dalam membatik dianggapnya sebagai seni yang tidak bisa dibandingkan satu dengan yang lainnya.

Penyanyi yang pernah merebut gelar Penyanyi Pop Wanita Terbaik AMI Awards pada 2000 tersebut mengungkapkan, seni membatik di daerah-daerah lain memiliki keindahan masing-masing di setiap motifnya.

Menurutnya, seni membatik tidak dapat dibandingkan satu sama lain. “Kalau seni itu kan tidak bisa dibanding-bandingkan. Walaupun dibuat duplikatnya, tetapi tidak pernah bisa sama,” kata pemeran film Sebuah Lagu Untuk Tuhan ini.

Sementara itu, pelantun lagu Jangan Ada Dusta di Antara Kita tersebut masih fokus memasarkan produk batik tulisnya secara pribadi. Namun, ke depannya, pemilik nama Raden Ayu Dewi Pujiati itu tetap berkeinginan agar batik tulis karya anak bangsa tersebut dapat dipamerkan di berbagai daerah di Indonesia hingga kancah internasional.

“Melalui Koperasi Karya Nurani Rakyat, Insya Allah kami akan pameran pada 14 Maret di Ruang Garuda Kementerian Perindustrian bersama anggota lainnya.,” katanya.

Di awal kariernya, Dewi pernah mengikuti kontes Penyanyi Nasional Tingkat Nasional setelah dirinya berhasil menjadi juara di tingkat Provinsi Jawa Barat dan menduduki peringkat empat setelah penyanyi Hetty Koes Endang, Diana Nasution, dan Ira Puspita.

Nama Dewi Yull semakin akrab di telinga khalyak setelah menjadi salah satu pemain di sinetron Losmen. Dalam karier-nya di dunia tarik suara, dia selalu digandengkan dengan Broery Pesulima yang dianggap sebagai pasangan duet serasi.()

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro