Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Bikin Rumah Bebas Nyamuk

Berbagai cara dapat dilakukan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit.
Reni Efita
Reni Efita - Bisnis.com 17 Februari 2016  |  19:13 WIB
Begini Cara Bikin Rumah Bebas Nyamuk
Nyamuk Aedes Aegypti - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Berbagai cara dapat dilakukan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk yang dapat menyebabkan penyakit.

Saat musim hujan tiba, ancaman penyakit yang disebabkan oleh nyamuk di Tanah Air sering muncul. Penyakit demam berdarah dan malaria merupakan penyakit yang ditularkan oleh gigitan nyamuk.

Selama ini pencegahannya dilakukan dengan memutus mata rantai kehidupan nyamuk, yaitu dengan menguras, menutup dan mengubur (3M).

Peneliti dari Divisi Tropik dan Penyait Menular FKUI RSCM dr. Erni Juwita Nelwan, SpPD,  mengatakan,  sangat penting mempersiapkan diri menghadapi potensi ancaman penyakit yang disebabkan oleh nyamuk, terutama Aedes Aegypti sebagai vektor virus demam berdarah.

Aedes aegypti umumnya berkembang biak di rumah penduduk. Jenis nyamuk ini menyukai air bersih. Mempunyai sifat yang khas, menggigit pada waktu pagi dan sore hari, senang hinggap di gantungan baju, dan berkembang biak di tempat penampungan air bersih seperti bak mandi, tempayan, tempat minum burung dan barang-barang bekas yang dibuang sembarangan yang pada waktu hujan terisi air.

“Hindari pakaian yang digantung, karena nyamuk senang hinggap di pakaian yang digantung,” kata Erni pada acara worshop Wujudkan Rumah Indah Bebas Nyamuk di kawasan SCBD, Rabu (17/2/2016).

Selain itu, produsen cat tembok Kansai Paint memberi alternatif pemakaian cat tembok  dan interior  untuk menghalau nyamuk dalam jangka waktu yang panjang.

“Rumah menjadi indah dengan  banyak pilihan warna cat. Cat ini efektif menghalau nyamuk selama dua tahun dan warnanya masih tetap bertahan sampai lima tahun,” kata Elizabeth T. Sutrisno, Sales & Product Manager Decorative PT Kansai Prakarsa Coatings.  

Lain lagi pandangan dari segi arsitek bangunan rumah. Principal Architect Atelier Riri, Riri Novriansyah mengatakan, nyamuk yang suka bersarang di lingkungan yang lembab, dingin, dan gelap sebenarnya dapat dicegah melalui beberapa pendekatan terkait dengan desain bangunan.

Salah satunya adalah dengan mengupayakan agar bangunan rumah memiliki sirkulasi udara dan pencahayaan alami baik melalui jendela mau pun dari atas.  Selain itu, jaga kebersihan rumah dan lingkungan, serta  tanam beberapa jenis tanaman yang memiliki aroma yang tidak disukai oleh nyamuk.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

demam berdarah
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top