Ilustrasi/arsip.ubaya.ac.id
Relationship

4 Langkah Menyiapkan Pensiun Dini yang Ideal

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 29 Maret 2016 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Tingkat stress dan depresi orang pada pekerjaan membuat orang banyak yang memilih untuk pensiun dini dari pekerjaannya.

Tujuannya, untuk bisa lebih menikmati hidup dengan hobi dan kesenangannya. Namun banyak juga yang memilih pensiun dini dari sebuah perusahaan, untuk berpindah profesi atau berpindah kerja ke tempat lain.

Pensiun dini adalah sesuatu yang paling milenium yang kini banyak dilakoni orang. Usia 40 tahun adalah usia yang ideal bagi mereka untuk memulai hidup dengan cara mereka sendiri atau memilih pensiun dini.  Namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan sebelum Anda memilih jalur ini:

Berikut adalah empat cara sederhana yang dapat mencapai target ini ....

Melakukan perhitungan dengan tepat
Pensiun dini tidak mudahk, karena harus melibatkan banyak perencanaan, terutama perencanaan keuangan. Dengan gaji pas-pasan, maka hal itu akan lebih sulit. Pastikan Anda menyimpan 30% dari penghasilan Anda setiap bulan untuk menyimpan jumlah yang wajar dalam setahun. Tetapkan target Anda dan rencanakan untuk menyusun pensiun dini Anda, juga menghitung tingkat inflasi.

Jangan gunakan uang untuk gaya hidup mewah

Menikmati hidup dengan makan, liburan dan klabing sekali-sekali wajar dilakukan. Namun jangan sampai kebablasan. Apalagi, jika Anda berbelanja tak terkendali untuk hal-hal yang tidak Anda butuhkan, dan tidak dimanfaatkan. Kebiasaan ini bisa membuat keuangan Anda menjadi tidak terkendali dan asset Anda bisa terkuras dengan cepat.

Menyingkirkan utang

semua pinjaman dan utang Anda sebaiknya diselesaikan saat masih bekerja dan saat Anda masih muda. Jangan menggunakan berbagai alasan Anda tidak segera melunasinya. Jangan membawa beban ini bunga pinjaman berat untuk waktu yang lama, karena mereka akan memakan penghasilan Anda, yang menguras tabungan Anda.

Rencanakan investasi

Pastikan Anda merencanakan semua investasi Anda dengan benar dan di semua tempat yang tepat sehingga Anda dapat menuai hasil yang menguntungkan pada saat jatuh tempo dari investasi tersebut. Reksa dana, saham, properti, dan lainnya dapat menjadi pilihan investasi yang baik dan juga membantu Anda mendapatkan tambahan penghasilan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : timesofindia.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro