Ilustrasi/Canmua
Health

5 Cara Menangkal Stres

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 12 April 2016 - 14:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Tingkat stress masyarakat belakangan ini dipercaya makin meningkat.

Terutama bagi mereka yang tinggal di perkotaan. Dengan rutinitas harian yang padat, kemacetan, dan juga persaingan yang tinggi, membuat orang lebih mudah stress setiap harinya.

Stres diterima sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari. Pada 2015 stres menyumbang 35% dari semua kasus kesehatan yang buruk terkait dengan pekerjaan dan 43% karena sakit.

Stres memengaruhi setiap orang dan penting bagi kita untuk mulai mengendalikan stress agar tidak berkepanjangan dan memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh dan jiwa seseorang. Berikut 5 hal yang bisa dilakukan untuk menangkal stress:

Menjaga tubuh

Jika Anda cenderung merasa terlalu banyak bekerja, lelah dan tidak bahagia, maka mulailah mengubah gaya hidup dan pola makan Anda. Makan dan minum dengan baik akan memastikan bahwa Anda memiliki lebih banyak energi, konsentrasi yang lebih baik, dan suasana hati membaik, dan mencerahkan hari Anda.

Makanlah asupan makanan yang sehat dan bergizi, termasuk pastikan konsumsi buah dan sayuran.

Katakan Tidak

Kadangkala kita tidak bisa mengontrol kemampuan bekerja dan kemampuan tubuh yang pada dasarnya memiliki batasan. Karenanya mulailah membatasi kemampuan tubuh yang bisa menjadi tekanan pada pikiran dan berujung pada stress. Kurang kesibukan Anda, dan mulai katakana tidak pada hal-hal yang dianggap berat dan bisa menyusahkan.

Relaks Otot

Ketika pikiran kita stres tubuh kita ikut kaku dan tegang, tanpa kita sadari. Hindari ketegangan ini dengan menyelaraskan tubuh dan meningkatkan postur tubuh Anda dengan benar sehingga dapat membantu memfokuskan pikiran yang lebih baik.  Relakskan otot Anda dengan menggerakkan perlahan lingkaran pergelangan kaki dan bahu, mengambil beberapa saat untuk bernapas masuk dan keluar dalam.

Berlibur

Liburan bisa menyegarkan pikiran dan hati Anda. Pergilah ke tempat liburan yangbelum pernah Anda kunjungi dan nikmati suasana di tempat tersebut. Rasakan sensasi santai dan segarkan pikiran Anda. Jauhkan dari hal-hal yang berbau pekerjaan dan membuat diri Anda berpikir dan tidak bisa menikmati hari Anda.

Manjakan Diri

Lakukan sesuatu untuk diri dan yang Anda sukai untuk menghilangkan stress. Misalnya saja perawatan spa, ke salon seharian, membaca buku kesukaan, atau nonton film favorit Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Sumber : boldsky.com
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro