Mata bermasalah. /boldsky.com
Health

Sudahkah Anda Mengutamakan Kesehatan Mata

Atiqa Hanum
Rabu, 13 April 2016 - 15:00
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Penelitian yang dilakukan www.optegra.com, yakni kelompok rumah sakit spesialis mata di Inggris, mengemukakan 78% perempuan Inggris yang disurvei masih menggunakan eye make up saat tidur. Alasannya, mereka tetap ingin menjaga penampilan ketika tidur.

Dalam upaya untuk menemukan kebiasaan buruk orang-orang Inggris yang datang untuk periksa mata, telah disurvei 2.143 orang dewasa yang berbasis di Inggris dengan usia 18 tahun terbagi menjadi dua yakni 1.069 adalah laki-laki dan 1.074 adalah perempuan.

Seperti yang dikutip femalefirst.com, semua responden ditanya apakah mereka menjaga baik mata mereka dan terjawab 67% mengaku tidak. Peneliti kemudian meminta semua individu menganggap kesehatan mata mereka sama pentingnya dan ternyata mayoritas (72%) menyatakan mereka jarang berpikir tentang kesejahteraan mata mereka.

Peneliti melanjutkan dengan serangkaian pertanyaan terkait yang menunjukkan hasilnya sebanyak 47% dari responden memakai lensa kontak dan tidak melepasnya ketika tidur. Dari 47% tersebut, sebanyak 51% mengaku melakukannya di masa lampau, dan 33% masih sering melakukannya.

Mereka yang sering melakukan, sebanyak 59% mengaku karena mereka terlalu lelah untuk melepasnya, 37% karena terlalu mabuk sehingga tidak bisa melepas dengan benar dan sisanya 4% menyatakan itu karena mereka lupa.

Kemudian, peneliti juga bertanya siapakah yang masih menggunakan eye make up ketika tidur dan 78% mengaku mereka melakukannya secara teratur.

Untuk memahami hal ini bisa terjadi, peneliti meminta responden ini untuk memberikan alasan dan mayoritas (67%) menyatakan mereka 'tidak pernah' menghapus make up. lalu, 23% menyatakan mereka tetap membiarkan untuk menjaga penampilan ketika tidur di samping pasangan mereka.

Selanjutnya, peneliti juga survei tentang pentingnya kacamata hitam dan sebanyak 77% responden menyatakan tidak. Dari jumlah tersebut, sebanyak 41% menyatakan tidak cocok dengan penampilan wajah mereka, 12% menyatakan mereka sering lupa dan 10% tidak berpikir bahwa tidak mengenakan kacamata hitam merupakan masalah besar.

Begitu pula dengan orang yang bekerja seharian di depan komputer, sebanyak 62% responden menjawab mereka selalu bekerja di depan komputer atau menghabiskan waktu yang lama di depan layar.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 13% mengaku menyelipkan istirahat secara teratur dengan menjauh dari layar untuk memberikan mata mereka waktu istirahat.

Managing Director di Optegra Mata Perawatan Kesehatan Rory Passmore mengungkapkan semua orang tampaknya menjadi lebih sadar akan kesehatan yakni dengan berolahraga di gym hingga menjadi anggot.

Namun, kita sering lupa untuk merawat organ yang sangat penting dalam tubuh yakni mata. Kebiasaan seperti lupa menghapus make up di malam hari atau tidak melepas kontak lens dapat menyebabkan infeksi mengerikan yang memiliki potensi untuk merusak mata Anda dalam jangka panjang.

Begitu juga dengan tidak menggunakan kaca mata hitam yang apabila diperlukan juga memiliki efek sangat merugikan pada kesehatan mata. “Sinar UV jangka panjang Anda sangat kuat dan tidak boleh dianggap remeh. Selalu merawat mata Anda atau Anda mungkin menyesal di masa depan," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Atiqa Hanum
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro