Pentingnya Menjaga Kesehatan Saluran Cerna Sejak Anak Lahir

Kesehatan saluran cerna adalah landasan kesehatan bagi setiap orang. Saluran cerna yang sehat akan mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak. Saluran cerna rentan atau sensitif terhadap gangguan, sehingga rentan pula menyebabkan anak gagal tumbuh.
Atiqa Hanum | 02 Mei 2016 01:01 WIB
Kelahiran - Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA - Kesehatan saluran cerna adalah landasan kesehatan bagi setiap orang. Saluran cerna yang sehat akan mendukung optimalisasi tumbuh kembang anak. Saluran cerna rentan atau sensitif terhadap gangguan, sehingga rentan pula menyebabkan anak gagal tumbuh.

Saluran cerna memerlukan nutrisi yang tepat agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik dalam mencerna dan menyerap makanan, begitu juga sebagai pertahanan terhadap beberapa gangguan saluran cerna seperti diare dan konstipasi. Nutrisi yang tepat merupakan kunci kesehatan pencernaan guna optimalisasi tumbuh kembang anak.

Konsultan Gastrohepatologi Anak Badriul Hegar mengungkapkan sangat penting peranan saluran cerna bagi kesehatan dan optimalisasi tumbuh kembang anak, serta penanganan saluran cerna sensitif. Peran saluran cerna tidak hanya mencerna dan menyerap makanan tetapi juga sebagai pembatas antara ‘dunia luar’ dan ‘dunia dalam’ tubuh.

Saluran cerna yang 40% selnya adalah jaringan limfoid yang merupakan sel sistem imun, maka perannya dalam mekanisme pertahanan tubuh secara keseluruhan menjadi sangat penting,” ungkapnya, Minggu (1/5/2016).

Dia menambahkan bayi adalah makhluk yang sangat rentan, pertama karena secara fisiologi saluran cernanya belum matang sehingga perannya sebagai sistem imun (pertahanan tubuh) juga belum matang.

Kedua, sel sel pada permukaan usus yang telah matang, saling terikat satu dengan lainnya, sedangkan pada bayi sel sel tersebut masih dalam posisi renggang sehingga memudahkan kuman atau makanan yang sensitivitasnya tinggi masuk ke dalam tubuh bayi, yang dapat menimbulkan masalah pada kesehatan.

Sekitar 70-80% sel imun dihasilkan oleh saluran cerna dan proses ini berkembang pesat pada satu tahun pertama kehidupan. Saluran cerna sehat diharapkan dapat menoleransi makanan yang masuk ke dalam tubuh anak dan meningkatkan proteksi terhadap kuman penyakit,” bebernya.

Saluran cerna yang sehat berarti dapat menjalankan fungsinya dengan optimal, tidak saja mencerna dan menyerap makanan, tetapi juga sebagai mekanisme pertahanan tubuh.

Keberadaan mikroflora di dalam saluran cerna juga memegang peran penting terhadap kematangan sistem imun anak. Saluran cerna bayi yang mendapat ASI didominasi oleh bakteri baik yang keberadaannya memberikan keuntungan bagi kesehatan saluran cerna. “Jadi, memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan kepada anak menjadi sangat penting,” tegasnya.

Hegar juga mengatakan pencernaan yang sehat di masa awal kehidupan adalah landasan untuk tumbuh kembang optimal serta membangun tingkat kesehatan tubuh dan mental secara keseluruhan pada usia dewasa.

Tag : kesehatan, anak
Editor : Yusuf Waluyo Jati

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top