Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengetahuan Soal Demam Berdarah Masih Rendah

GSK Consumer Healthcare melakukan penelitian terhadap masyarakat Indonesia tentang pemahaman demam berdarah.
Azizah Nur Alfi
Azizah Nur Alfi - Bisnis.com 24 Mei 2016  |  16:10 WIB
Pengetahuan Soal Demam Berdarah Masih Rendah
Penderita demam berdarah dengue (DBD) - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - GSK Consumer Healthcare melakukan penelitian terhadap masyarakat Indonesia tentang pemahaman demam berdarah.

Hasilnya, 97% dari 1.000 responden yang mengungkapkan tahu tentang demam berdarah. Namun, sebagian besar hanya memiliki pemahaman mengenai gejalanya saja, tetapi tidak mengetahui perawatan yang sesuai untuk anak-anak yang terkena DBD.

Hasil penelitian tersebut juga menemukann 1 dari 3 orangtua memberikan obat yang tidak tepat saat demam berdarah yang justru berpotensi meningkatkan resiko gangguan lambung dan terutama pendarahan.

Berdasarkan WHO, penanganan yang tepat untuk pasien demam berdarah dimulai dengan pemberian cairan yang cukup dan penanganan demam yang tepat. Parasetamol adalah obat yang direkomendasikan untuk mengurangi nyeri dan demam.

Minimnya pemahaman mengenai demam berdarah mendorong GSK Consumer Healthcare meluncurkan gerakan Bersama Melawan Demam Berdarah, dengan menggandeng Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dan ibu-ibu PKK.

Kader PKK ini nantinya akan menyebarkan informasi tentang DBD, mulai dari deteksi gejala hingga penanganannya. Program ini berlangsung di tiga kota besar yakni, Surabaya, Yogayakarta, dan Jakarta dengan peserta 100 orang di tiap kotanya.

"Deteksi gejala dan penanganan yang tepat untuk pasien DBD sangat dibutuhkan untuk menekan angka kematian," tutur Perwakilan Ikatan Dokter Indonesia (IDAI) Jakarta, Mulya Rahma Karyanti.

"Misi utama program ini untuk membantu masyarakat berbuat lebih banyak, merasa lebih baik, dan hidup lebih lama," imbuh Medical Advisor GSK Consumer Healthcare Indonesia, Ferawati Lie.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

demam berdarah
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top