Produk susu/boldsky.com
Health

7 Manfaat Utama Minum Susu Secara Rutin

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 7 Juni 2016 - 06:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Bagi Anda yang tidak suka minum susu, sebaiknya mulai sekarang mulai membiasakan diri mengonsumsi minuman penuh manfaat tersebut.

Pasalnya, susu bukan hanya memberikan efek menyehatkan namun juga mencegah beragam penyakit yang menyerang tubuh manusia termasuk juga kekurangan gizi.

Dokter ahli gizi klinis Inge Permadhi mengatakan setidaknya ada tujuh manfaat susu bagi kesehatan tubuh manusia. Karenanya, susu merupakan sumber protein yang dianjurkan dikonsumsi sejak masa kanak hingga dewasa. Adapun kebutuhan susu per hari, katanya, sekitar 15-20% dari makanan dan minuman yang dikonsumsi tubuh.

Dia mengatakan susu merupakan minuman komplementer atau pelengkap yang mudah dicerna, praktis dan ekonomis untuk membantu melengkapi kecukupan gizi pada semua usia setiap harinya.

Selanjutnya, dia memapakran manfaat susu antaralain sebagai protein yang membantu menbangun dan memperbaiki jaringan tubuh, kedua sumber tenaga namun gula harus diperhatikan asupannya.

Kemudian, susu juga mengandung vitamin dan mineral sebagai zat pengatur kontrol tubuh manusia. Selanjutnya susu memiliki manfaat sebagai zat besi yang merupakan komponen pembentuk hemoglobin untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

Susu juga, katanya, mengandung serat pangan untuk membantu menjaga kesehetan saluran cerna. "Yang terakhir susu juga memiliki vitamin dan mineral yang rasanya enak," ujarnya.

dr Inge mengatakan susu bukan hanya dibutuhkan balita saja, namun semua umur dan semua kalangan. Dari bayi hingga orang tua. Sayangnya, banyak orang tua yang menghentikan asupan susu anaknya ketika usia 6 tahun karena dianggap sudah terpenuhi asupan gizinya melalui makanan.

Fungsi utama dari susu adalah sebagai pemberi kalsium pada tubuh. Artinya penting untuk kebutuhan kesehatan tulang tubuh manusia. Jika kebutuhan kalsium tidak terpenuhi maka bisa mengakibatkan osteoporosis atau pengeroposan tulang.

"Minum susu itu sebagai tabungan 30 tahun ke depan untuk kesehatan tulang dan tubuh manusia. Karenanya jika kita terbiasa minum susu sejak kecil, maka tulang akan lebih padat dan tidak mudah sakit," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro