Ilustrasi/Livejournal
Health

Ini Penjelasan Mengapa Dengkuran Kucing Bisa Terapi Manusia

JIBI
Senin, 15 Agustus 2016 - 13:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hewan peliharaan dapat memberi ketenangan bagi pemiliknya.

Kucing merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara orang. Dari segi kesehatan, kucing relatif aman mengingat kebiasaan mereka membersihkan bulu dengan lidah yang mengandung antibakteri. 

Menurut dokter hewan Angela Maharani, kucing merupakan salah satu hewan terapi bagi manusia.

"Berdasarkan penelitian terbaru, kucing termasuk dalam kelompok hewan terapi. Sebab, ketika mendengkur, kucing mengeluarkan frekuensi suara sekitar 20-150 Hz. Suara ini mempunyai efek menenangkan," ujar dokter hewan Angela Maharani pada konferensi pers kampanye FRISKIES #500Catventure di Jakarta. 

Suara dengkuran tersebut, menurut dia, mengeluarkan hormon endorfin yang dapat menenangkan kucing itu sendiri dan manusia di sekitarnya. Kucing biasanya mengeluarkan hormon tersebut ketika dalam keadaan senang.

"Kucing biasanya merasa senang ketika dia dielus atau sedang menyusu. Efek hormon tersebut juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit sendi," tutur Angela. 

Selain bermanfaat bagi kesehatan fisik manusia, Angela menambahkan bahwa memelihara kucing juga baik untuk kesehatan mental manusia.

"Kalau kita memelihara kucing, kan, rasanya seperti punya anak sendiri. Rasanya senang dan lucu melihat kucing. Hal ini baik untuk kesehatan mental kita," ucapnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.co
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro