Fashion

Iwan Tirta Pamerkan Koleksi Swatantra

Mia Chitra Dinisari
Senin, 26 September 2016 - 03:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Memberikan craftsmanship yang paripurna dan menginpirasi khalayak melalui karya sebagai narasi visual yang telah dipreservasi oleh sang maestro, adalah visi dan misi yang secara terus-menerus dibangun oleh Iwan Tirta Private Collection untuk selalu menjaga integritas batik Indonesia sebagai sebuah karya yang memiliki nilai filosofis dari setiap motifnya.

Sebagai sebuah luxurious heritage brand, Iwan Tirta Private Collection fokus menggali pemikiran dan filosofi Iwan Tirta melalui dokumentasi arsip dan manuskrip motif-motif batik di Indonesia, serta mengembangkan industri batik melalui pemberdayaan 500 pengrajin batik yang menjadi support system dalam perjalanan Iwan Tirta Private Collection.

Melalui rangkaian koleksi SWATANTRA yang dihadirkan pada pagelaran tahunan Plaza Indonesia Men’s Fashion Week 2016, Iwan Tirta Private Collection memberikan komposisi istimewa pada motif batik Nitik atau juga dikenal sebagai Jlamprang. Diyakini sebagai motif batik tertua, Nitik atau Jlamprang adalah motif batik yang mengadaptasi dari patola India. Disebut Nitik karena motifnya terdiri atas kumpulan titik titik yang membutuhkan kesabaran dan ketekunan yang luar biasa pada saat proses pembuatannya.

Terinspirasi dari falsafah Swatantra yang mengajarkan konsep kemandirian sebuah wangsa, serta mengandung makna bahwa jika terdapat jalinan hubungan yang erat antara manusia, alam dan Tuhan maka kesinambungan, kekuatan dan kebijaksanaan akan tercapai. Demikian pesan yang ingin disampaikan melalui rangkaian koleksi SWATANTRA yang terbagi atas dua sequence.

Pada sequence pertama, motif Nitik atau Jlamprang dalam pola geometris hadir dalam komposisi dua warna; biru-putih, merah-putih, dan hitam-putih. Sementara untuk sequence kedua, koleksi dalam nuansa putih sogan mas yang klasik dalam beberapa pilihan motif khas Iwan Tirta.

Motif batik yang sederhana diimplementasikan ke dalam desain pakaian pria seperti suit dan kemeja yang tegas dan mewakili karakter #leadersweariwantirta. Seluruh koleksi Iwan Tirta Private Collection, “SWATANTRA” dapat dilihat secara lengkap melalui www.iwantirtabatik.com dan Iwan Tirta Private Collection flagship gallery di Galeria Grand Hyatt – Plaza Indonesia lantai 3.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro