./.
Fashion

Bibit Seni Warga Rusun di JRF 2016

Azizah Nur Alfi
Kamis, 20 Oktober 2016 - 14:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Rumah susun  tidak hanya berfungsi sebagai hunian nyaman, tetapi juga melahirkan bibit-bibit seniman andal. Hal ini terlihat dalam perlombaan seni di Jakarta Rusun Festival (JRF) 2016.

JRF 2016 merupakan wadah bagi anak-anak rusun yang tinggal di 22 Rusunawa di DKI Jakarta untuk menyalurkan potensinya di bidang olahraga, seni, maupun budaya.

Bagi juri seni gambar, Agus Budiyanto, tidak mudah melakukan penilaian pada gambar hasil karya warga rusun. Sebab, penilaian tidak hanya dar segi estetika, tetapi juga konten dan bagaimana cara anak-anak rusun berimajinasi.

"Adanya bibit seniman andal menjadikan perlombaan seni ini menjadi sangat kompetitif. Sulit rasanya menyaring mana karya peserta yang berhak masuk ke babak final," tuturnya.

Hasil penilaian juri menempatkan Zidane Mahadi dari Rusun Flamboyan sebagai Penari Pria Terbaik, Khalia Renald Budiniarti dari Rusun Kapuk Muara sebagi Penari Wanita Terbaik,

Adapun, pada kategori seni tari, tim 1 dari rusun gabungan Flamboyan dan Tambora mendapatkan juara 1, tim 8 Cipinang besar selatan sebagai juara 2, tim 2 dari rusun gabungan Daan mogot, kapuk muara dan waduk pluit sebagai juara 3, dan tim 5 dari rusun gabungan Tipar Cakung, Cakung Barat dan Sukapura sebagai juara 4.

Sedangkan, pada kategori seni menggambar, Nada Citra dari rusun Cipinang muara sebagai juara 1, Risma Aulia dari rusun Marunda sebagai juara 2, Detia Putri dari rusun Cipinang Muara sebagai juara 3.

Para pemenang lomba menggambar memperoleh hadiah beasiswa belajar melukis dengan media cat air di Studio Agus Budiyanto Aquarelle. Adapun, pemenang lomba tari mendapat paket wisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta.

Ketua umum JRF 2016, David Wiranata, berharap kegiatan ini bakal menjadi kegiatan positif sekaligus dapat meluruskan pandangan buruk masyarakat rusun pada umumnya.

Dia menegaskan bahwa warga rusun bukanlah orang yang terbuang maupun dikesampingkan. Mereka juga warga DKI Jakarta yang mempunyai hak dan kewajiban yang sama dengan warga lainnya.

"Tentunya semua ini kami lakukan tidak semata sebagai sebuah ajang perlombaan. Namun, hal ini dilakukan agar warga rusun kedepan dapat hidup lebih layak dan nyaman tanpa adanya konflik, serta jauh dari masalah kesenjangan sosial," tuturnya melalui siaran pers kepada Bisnis, Kamis (20/10/2016).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro