Ilustrasi/Antara
Health

Minyak Goreng Sehat: Ini Ciri-Cirinya

Rezza Aji Pratama
Rabu, 25 Januari 2017 - 17:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Minyak goreng tidak bisa dipisahkan dalam aktivitas memasak masyarakat di Indonesia. Agar terhindar dari penyakit berbahaya, masyarakat disarankan untuk tidak menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang.

Mulina Wijaya, Deputy Marketing Manager Sunco mengatakan, meskipun saat ini sudah banyak masyarakat yang memilih memasak di rumah agar lebih sehat, tetapi tanpa disadari metode masak yang tidak benar justru membahayakan kesehatan. Salah satu kebiasaan yang salah adalah menggunakan minyak goreng secara berulang-ulang hingga minyak berubah warna

“Sebaiknya hindari penggunaan suhu terlalu panas saat memasak karena bisa membentuk radikal bebas,” ujarnya, Rabu (25/1/2017).

Mulina menambahkan, persepsi yang beredar di masyarakat juga menunjukkan bahwa mereka cenderung menyamakan semua jenis minyak goreng. Salah satu ciri minyak goreng yang bagus menurutnya adalah warnanya bening. Perubahan warna pada minyak menunjukkan telah terjadi kerusakan atau oksidasi. Jika tetap digunakan maka akan berisiko menyebabkan penyakit kanker.

Ciri minyak goreng yang sehat lainnya adalah tidak terlalu kental hingga seperti air. Dengan demikian, saat memasak minyak goreng tidak terlalu banyak yang menempel di makanan sehingga sedikit yang masuk ke tubuh.

Minyak goreng juga harus memiliki sedikit kandungan lemak jenuh yang bisa dideteksi dengan kondisinya yang tidak mudah beku. Untuk mengetesnya bisa dilakukan dengan mengecap minyak goreng tersebut. Jika tawar dan seperti air, maka itulah minyak goreng yang baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Saeno
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro