Seniman Windi Apriani/blogspot
Show

Pameran Seniman Muda Windi Apriani Digelar di Edwin's Gallery

Dika Irawan
Rabu, 25 Januari 2017 - 13:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Selasa (24/1/2016), pameran tunggal seniman muda Windi Apriani di Edwin's Gallery, Kemang, Jakarta Selatan, resmi dibuka. Bertajuk, Tracing Subtle Signs, sebanyak 12 karya disajikan dalam pameran yang berlangsung pada 24 Januari hingga 4 Februari mendatang itu.

Kurator pameran A. Rikrik Kusmara mengatakan proyek pameran tunggal Windi Apriani kali ini masih menunjukkan struktur representasi yang sama dengan karya karya sebelumnya. Namun dia tengah lebih mencermati proses artistiknya secara lebih fokus. "Windi hendak menelusuri dan menafsir ulang hal hal yang lebih subtil dalam kekaryaannya," katanya disela-sela pembukaan pameran.

Rikrik mengatakan perkembangan menarik dalam karya-karya terakhirnya kini, Windi lebih melihat representasi potret diri yang menjadi objek utamanya tengah dimaknai ulang oleh hal hal pengalaman estetik yang ditemukan selama ini.

Pertama, imbuhnya, Wind lebih menyeimbangkan kehadiran sosok potret diri dengan penggambaran dan permain cahaya dan penggambaran ritmik kain yang lebih intens dengan teknik arsir yang sangat rumit dan kompleks. Penggambaran dengan teknik arsir yang intens  perihal cahaya dan kain hemat saya adalah cara Windi membuat proposisi baru tentang eksistensi.

"Dia menggabungkan cahaya dan kain sebagai representasi hal yang metafisik dan kultural," ujarnya.

Evolusi karyanya yang terakhir juga tidak kalah menarik dan kompleks. Windi menghilangkan gambaran potret diri yang menjadi objek utamanya selama ini. Hal tersebut bukanlah pendekatan yang subversif dan radikal dalam karyanya. Namun dia menggulirkan konsep ‘penghadiran tanpa kehadiran’ atau pendekatan in absentia.

"Secara keseluruhan dalam proyek pameran tunggal kali ini kita diarahkan oleh Windi untuk melihat pergeseran cara pandang;  ‘eksistensi tanpa kehadiran identitas fisik’."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro