Galeri Nasional/galeri-nasional.or.id
Show

Pameran Lukisan “Gonjing Miring” di Galeri Nasional

Dika Irawan
Jumat, 3 Februari 2017 - 15:52
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Galeri Nasional Indonesia bekerjasama dengan dengan Ar. Soedarto Studio menyajikan sekitar 25 lukisan dalam sebuah Pameran Lukisan Tunggal “Gonjing Miring”.

Pameran “Gonjing Miring” dapat diakses publik mulai 4 – 16 Februari 2017, pukul 10.00 – 18.00 WIB, di Gedung B Galeri Nasional Indonesia, Jalan Medan Merdeka Timur No. 14 Jakarta Pusat.

Gonjing Miring dipinjam dari kata yang dipakai sebagai judul sebuah gending Jawa, khususnya pada genre gending Tayuban, yang tepatnya adalah “Kijing Miring” (Nisan yang miring). Namun, dalam hal ini kata kijing diganti dengan kata gonjing yang tentu berbeda arti.

Menurut kurator pameran Puguh Tjahjono Sadari Warudju, Gonjing Miring merupakan sebuah kata majemuk yang masing-masing saling meneguhkan pemaknaan kesatuannya.

"Gonjing dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai konstruksi yang instabil atau terlepas dari stabilitasnya atau juga inharmoni," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (3/2/2016).

Sedangkan, miring adalah konstruksi gerak diagonal dalam bahasa visual bisa diartikan sebagai fenomena instabilitas, gejala tidak stabil bahkan keruntuhan. Maka, kata Gonjing Miring diartikan untuk mewakili suatu kondisi anomali, gejala-gejala penyimpangan, deskonstrukstif atau bahkan chaos.

Pameran ini dilengkapi dengan program publik berupa Gallery Tour untuk publik yang akan dilaksanakan pada 5 Februari 2017, pukul 11.00 WIB, di Gedung B Galeri Nasional Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dika Irawan
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro