Seni bela diri pencak silat./.Antara-Wira Suryantala
Entertainment

Menpora Ajak Livi Zhen Angkat Pencak Silat ke Layar Lebar

Lili Sunardi
Selasa, 14 Februari 2017 - 15:46
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA— Kementerian Pemuda dan Olahraga mengajak sutradara film Hollywood asal Indonesia Livi Zheng mengangkat pencak silat melalui film, agar lebih dikenal di seluruh dunia.

Imam Nahrawi, Menteri Pemuda dan Olahraga, mengatakan pihaknya berniat menjadikan pencak silat sebagai salah satu sportourism di Indonesia. Salah satu caranya adalah mengajak sutradara film Hollywood asal Indonesia Livi Zheng mengangkat budaya pencak silat Indonesia ke layar lebar.

“Saya mau ajak Livi Zheng yang telah mengangjat tradisi Karapan Sapi melalui film. Kami ingin angkat pencak silat ini melalui film, agar lebih mendunia,” katanya, Selasa (14/2/2017).

Imam menuturkan Kemenpora juga berencana menjadikan Madiun dan Jakarta sebagai Kabupaten Pencak Silat. Saat ini pemerintah sedang mempersiapkan penunjukkan kedua daerah tersebut, dan akan ada peresmian oleh pemerintah pusat.

Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) sendiri saat ini berupaya menjadikan pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang Olimpiade. Hingga kini sudah ada 41 negara yang menyatakan dukungan agar pencak silat dipertandingkan di Olimpiade.

Agar dapat dipertandingkan di ajang Olimpiade, cabang olahraha tertentu harus mendapat dukubgan dari 70 negara anggota Komite Olimpiade Internasional atau International Olympic Committee (IOC) yang telah memiliki federasi cabang olahraga tersebut.

Pembiayaan menjadi salah satu kendala IPSI dalam mempromosikan dan mengupayakan pencak silat sebagai salah satu cabang olahraga yang dipertandingkan di Olimpiade. Padahal targetnya pencak silat sudah dipertandingkan dalam ajang Olimpiade 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Lili Sunardi
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro