Tusuk gigi/boldsky.com
Health

Ini Dampak Buruk Menggunakan Tusuk Gigi

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 2 Maret 2017 - 11:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Ketika Anda makan, akan ada banyak kemungkinan sisa makanan tersangkut di gigi, terutama ketika gigi Anda bolong.

Untuk mengatasinya banyak cara yang dilakukan, mulai dari kumur-kumur, sikat gigi, namun kebanyakan mengatasinya dengan menggunakan tusuk gigi.

Sayangnya, menurut para ahli, menggunakan tusuk gigi adalah tidak sehat. Menggunakan tusuk gigi terlalu sering dapat menimbulkan bahaya bagi gigi serta gusi.

Sebagai salah satu alternatif Anda bisa menggunakan air untuk berkumur setelah makan atau bahkan flossing akan membantu.

Berikut beberapa dampak buruk pakai tusuk gigi seperti dilansir boldsky.com:

1. Sebabkan Abrasi
Ketika Anda terus menyodok di antara gigi untuk menghilangkan partikel makanan tertinggal, hal itu menyebabkan abrasi dan juga menyebabkan pendarahan. Jika ini terus dilakukan dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh gigi.

2. Sebabkan penyakit gusi
Menggunakan tusuk gigi hanya untuk sekali bisa baik-baik saja, tetapi sering menggunakan dapat mempengaruhi tidak hanya gigi tetapi gusi juga. Jika tidak diobati ini dapat menyebabkan penyakit gusi ireversibel parah.

3. Membuat jarak antar gigi
Ketika tusuk gigi digunakan di tempat yang sama sering, itu menciptakan ruang di antara dua gigi. Ini akan lebih memperburuk kondisi dan ada kemungkinan makanan lebih terjebak di antaranya dan menyebabkan pembentukan rongga.

4. Kerusakan enamel Gigi
Ketika seseorang menggunakan tusuk gigi, dalam proses itu mereka juga cenderung mengunyah dari tusuk gigi yang terbuat dari plastik atau kayu. Hal ini menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

5. Kerusakan akar gigi
Sering menggunakan tusuk gigi bukan hanya mempengaruhi gusi tapi ketika gusi yang bergerak turun dari posisi sebenarnya, hal itu menyebabkan kerusakan pada akar gigi juga. Hal ini menyebabkan rasa sakit dalam beberapa kasus.

6. Menghancurkan Veneers:
Veneers yang Anda telah gunakan untuk melindungi rongga gigi akan  hancur karena sering menggunakan tusuk gigi.

7. Napas bau
Tusuk gigi umumnya digunakan untuk menghilangkan makanan yang terjebak di antara gigi. Jadi, ketika makanan ini berada di sana untuk jangka waktu yang lama dan ketika ini dibersihkan menggunakan tusuk gigi, itu memancarkan bau mulut juga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro