Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ini Dampak Buruk Menggunakan Tusuk Gigi

Ketika Anda makan, akan ada banyak kemungkinan sisa makanan tersangkut di gigi, terutama ketika gigi Anda bolong.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 02 Maret 2017  |  11:25 WIB
Tusuk gigi - boldsky.com
Tusuk gigi - boldsky.com

Bisnis.com, JAKARTA- Ketika Anda makan, akan ada banyak kemungkinan sisa makanan tersangkut di gigi, terutama ketika gigi Anda bolong.

Untuk mengatasinya banyak cara yang dilakukan, mulai dari kumur-kumur, sikat gigi, namun kebanyakan mengatasinya dengan menggunakan tusuk gigi.

Sayangnya, menurut para ahli, menggunakan tusuk gigi adalah tidak sehat. Menggunakan tusuk gigi terlalu sering dapat menimbulkan bahaya bagi gigi serta gusi.

Sebagai salah satu alternatif Anda bisa menggunakan air untuk berkumur setelah makan atau bahkan flossing akan membantu.

Berikut beberapa dampak buruk pakai tusuk gigi seperti dilansir boldsky.com:

1. Sebabkan Abrasi
Ketika Anda terus menyodok di antara gigi untuk menghilangkan partikel makanan tertinggal, hal itu menyebabkan abrasi dan juga menyebabkan pendarahan. Jika ini terus dilakukan dapat menyebabkan kerusakan pada seluruh gigi.

2. Sebabkan penyakit gusi
Menggunakan tusuk gigi hanya untuk sekali bisa baik-baik saja, tetapi sering menggunakan dapat mempengaruhi tidak hanya gigi tetapi gusi juga. Jika tidak diobati ini dapat menyebabkan penyakit gusi ireversibel parah.

3. Membuat jarak antar gigi
Ketika tusuk gigi digunakan di tempat yang sama sering, itu menciptakan ruang di antara dua gigi. Ini akan lebih memperburuk kondisi dan ada kemungkinan makanan lebih terjebak di antaranya dan menyebabkan pembentukan rongga.

4. Kerusakan enamel Gigi
Ketika seseorang menggunakan tusuk gigi, dalam proses itu mereka juga cenderung mengunyah dari tusuk gigi yang terbuat dari plastik atau kayu. Hal ini menyebabkan kerusakan pada enamel gigi.

5. Kerusakan akar gigi
Sering menggunakan tusuk gigi bukan hanya mempengaruhi gusi tapi ketika gusi yang bergerak turun dari posisi sebenarnya, hal itu menyebabkan kerusakan pada akar gigi juga. Hal ini menyebabkan rasa sakit dalam beberapa kasus.

6. Menghancurkan Veneers:
Veneers yang Anda telah gunakan untuk melindungi rongga gigi akan  hancur karena sering menggunakan tusuk gigi.

7. Napas bau
Tusuk gigi umumnya digunakan untuk menghilangkan makanan yang terjebak di antara gigi. Jadi, ketika makanan ini berada di sana untuk jangka waktu yang lama dan ketika ini dibersihkan menggunakan tusuk gigi, itu memancarkan bau mulut juga.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gigi Sakit Gigi
Editor : Mia Chitra Dinisari

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top