Ketika Koleksi Benda Seni Jadi Kebutuhan Inti

Masa booming seni rupa Indonesia memang sudah lewat, yang menarik seni sudah menjadi kebutuhan primer bukan embel-embel.
Dika Irawan
Dika Irawan - Bisnis.com 18 April 2017  |  09:33 WIB
Ketika Koleksi Benda Seni Jadi Kebutuhan Inti
Ilustrasi: Pameran seni rupa - Antara

Bisnis.com, JAKARTA -- Memiliki benda seni menjadi kebangaan tersendiri, terlebih bila merupakan karya seniman-seniman ternama. Kini, bahkan muncul kecenderungan bahwa memiliki benda seni merupakan kebutuhan.

"Masa booming seni rupa Indonesia memang sudah lewat, yang menarik seni sudah menjadi kebutuhan primer bukan embel-embel," kata konsultan seni Vivi Yip, Selasa (18/4/2017).

Pemilik galeri Vivi Yip Art Room itu mengaku senang dengan kondisi tersebut karena mulai banyak orang yang menyadari pentingnya seni. Ketika orang punya rumah, imbuhnya, tidak mungkin tanpa seni di dalam rumahnya.

"Mereka pasti akan menghadirkan benda-benda seni, entah itu dalam bentuk seni visual maupun seni-seni lainnya," ujarnya.

Oleh sebab itu, Vivi berharap pendidikan seni dapat ditingkatkan kembali terutama di sekolah-sekolah agar tingkat apresiasi terhadap seni tumbuh.Selain itu, menurutnya, pendidikan seni penting sekali, selain untuk menyeimbangkan antara otak kiri dan kanan.

Pendidikan seni penting sekali, selain untuk menyeimbangkan antara otak kiri dan kanan.

Lebih lanjut dia, mengungkapkan, di kawasan Asean, Indonesia memiliki potensi besar di bidang seni rupa. Indonesia banyak menghasilkan seniman-seniman.

Seniman-seniman baru, imbuhnya, hampir bermunculan tiap tahun. Tak jarang mereka kemudian unjuk gigi di level internasional.

Dia melihat pemerintah juga sudah mulai menyadari hal tersebut ditandai dengan adanya Badan Ekonomi Kreatif untuk memfasilitasi potensi itu. Vivi pun berharap ke depan semakin banyak seniman Indonesia yang memiliki nama di level internasional.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
seni

Editor : Saeno
KOMENTAR


0   Komentar

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top