Ilustrasi/Futuretimeline.net
Health

10 Cara Menjaga Kesehatan pada Usia Lanjut

Thomas Mola
Kamis, 1 Juni 2017 - 20:14
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tetap sehat di usia lanjut menjadi dambaan setiap orang. Untuk itu diperlukan persiapan yang baik sejak prausia lanjut, (45--59 tahun), bahkan sedari mudah agar kesehatan usia lanjut menjadi lebih baik.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Kesehatan, Kamis (1/6/2016), sesuai dengan Pasal 1 UU No.13/1998 Kesejahteraan Usia Lanjut, digariskan bahwa Lanjut Usia Potensial adalah lanjut usia yang masih mampu melakukan pekerjaan atau kegiatan yang dapat menghasilkan barang atau jasa.

Pola hidup menjadi salah satu faktor utama yang harus diperhatikan, terutama pola hidup sehat. Berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar tetap sehat di usia lanjut:

1. Mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Kuasa.

2. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur, sekurang-kurangnya 1 tahun sekali, untuk deteksi dini terhadap penyakit kronis, dan gunakan obat sesuai anjuran petugas kesehatan.

3. Pengaturan gizi/diet seimbang (makanlah beraneka ragam makanan, diet sesuai kebutuhan gizi yang dianjurkan sesuai kondisi kesehatan meliputi sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, banyak makan sayur dan buah guna kebutuhan vitamin, mineral dan serat).

4. Memelihara kebersihan tubuh secara teratur (mandi dua kali sehari dengan sabun mandi), dan gunakan pakaian, serta alas kaki yang nyaman dan aman.

5. Memelihara kebersihan gigi dan mulut (menggosok gigi dua kali sehari), apabila menggunakan gigi palsu dilepas dan dibersihkan setiap hari.

6. Biasakan melakukan aktivitas fisik (berjalan, mencuci, menyapu, dan lainnya.), latihan fisik (senam, berjalan, berenang) sekurangnya 30 menit sehari 3 kali seminggu.

7. Jauhi asap rokok dan zat adiktif lainnya (tidak merokok, minuman keras, ganja).

8. Kembangkan hobi sesuai dengan kemampuan.

9. Istirahat yang cukup dan kelola stres dengan baik.

10. Terus melakukan kegiatan mengasah otak seperti :bermain catur, mengisi teka-teki silang, membaca buku, menari, bermain musik, bercerita, dan bersosialisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Thomas Mola
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro