Museum Nasional Indonesia/wikipedia
Show

HUT RI KE-72: Begini Persiapan Pameran Senandung Ibu Pertiwi

Arys Aditya
Minggu, 6 Agustus 2017 - 20:45
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan ‘Senandung Ibu Pertiwi’ yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-72 Kemerdekaan RI memiliki cerita menarik bila ditinjau dari sisi persiapannya.

Berdasarkan keterangan resmi Istana Kepresidenan, Minggu (6/8/2017), empat orang Kurator terlibat dalam pameran lukisan kali ini, antara lain Amir Sidharta, Mikke Susanto, Asikin Hasan dan Sally Texania.

Sebagaimana disampaikan ketua kurator Asikin Hasan, di Galeri Nasional, 19 Juli 2017, tema dan pesan dari pameran, pertama yaitu ‘Senandung Ibu Pertiwi’ bila diartikan mengandung makna Tanah Air, diartikan sebagai sebuah kekuatan didalamnya mengandung macam-macam potensi.

Hal ini terlihat dari lukisan yang dipamerkan merupakan bentuk dari keberagaman bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, ras, agama yang semakin utuh dan kuat.

Sementara itu, Galeri Nasional juga melakukan berbagai persiapan sebelum pameran berlangsung, salah satu persiapan yang dilakukan adalah di bidang sarana dan prasarana yang dimulai dua minggu sebelum hari pertama pameran dibuka.

Persiapan fisik yang dilakukan antara lain seperti sarana untuk menggantung koleksi, sarana untuk tempat pendaftaran pengunjung melalui www.bek-id.com, membuat tanda dan juga sarana lain.

Galeri Nasional mengalokasikan anggaran khusus untuk mempercantik lokasi pameran termasuk bagaimana mengarahkan pengunjung selama 30 menit di dalam ruang pameran, yang dapat diakses dengan menggunakan aplikasi melalui Android Q&R, aplikasi ini merupakan dukungan dari Bekraf.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arys Aditya
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro