Museum Nasional/wikipedia
Show

HUT RI KE-72: Cerita 4 Bagian Pameran Lukisan Senandung Ibu Pertiwi

Arys Aditya
Minggu, 6 Agustus 2017 - 20:51
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -- Pameran lukisan koleksi Istana Kepresidenan ‘Senandung Ibu Pertiwi’ yang diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-72 akan dipecah menjadi empat bagian.

Berdasarkan keterangan resmi Istana Kepresidenan, Minggu (6/8/2017), bagian pertama akan menunjukkan keragaman alam dari koleksi Istana di Bogor, Cipanas, Jakarta, Bali, Yogya yang mengambil tema pemandangan alam di I,ndonesia. Pada masa itu perupa beredar diseluruh penjuru nusantara, di Sulawesi, Sumatra Barat, Jawa dan sedikit Bali.

Lukisan Pantai Flores karya Bung Karno misalnya, yang dilukis ulang oleh Basoeki Abdullah. Mahat di Sumatra Barat, Gunung Merapi, dan pemandangan alam karya Abdullah Soeriosubroto dan Wakidi yang melukis pemandangan alam.

Bagian kedua, adalah kegiatan atau aktivitas sehari-hari dengan fokus pada nelayan dan juga petani. Lukisan yang dipamerkan adalah lukisan penjual ayam dan bakul buah, penjual sate dan kegiatan sehari-hari di masa lalu, dan kehidupan para nelayan dan petani.

Bagian ketiga, adalah tradisi tari dan kebaya, dimana sekitar 15 lukisan mengambil tema Tari Rejang. Bung Karno pada masa itu membangun nasionalisme melalui pakaian pria berpeci dan perempuan berkebaya dimana identitas dibangun dari pakaian. Dibanyak arsip memperlihatkan foto-foto perempuan umumnya berkebaya.

Adapun bagian keempat, adalah mitologi dan religi yang tumbuh dalam kehidupan masyarakat kita, yang kemudian belakangan berkembang agama, memperkaya keragaman di Indonesia dengan masuknya Islam, Hindu, Budha, Konghucu yang saling memperkuat, menggambarkan kebersamaan, gotong royong terkait satu sama lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arys Aditya
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro