Koleksi batik dan songket Jambi Barli Asmara/Istimewa
Fashion

JFW 2018, Barli Asmara Sematkan Songket Jambi di Koleksi Terbarunya

Ramdha Mawaddha
Senin, 23 Oktober 2017 - 17:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Batik dan songket merupakan warisan kebanggaan budaya bangsa yang perlu dilestarikan dan dikembangkan keberadaannya. Pelestarian tersebut dapat dilakukan dengan cara memberi pendidikan dan pengetahuan tentang batik dan songket kepada generasi muda.

Walaupun batik dan songket merupakan salah satu warisan budaya yang membanggakan, pengrajin batik dan songket masih cenderung termajinaikan. Permasaiahan yang masih dihadapi oleh para pengrajin batik dan songket tradisionai adaiah masih minimnya pengatahuan mereka untuk memasarkan hasii karya mereka.

Pemasaran masih terbatas pada kunjungan wisatawan ke daerah mereka atau pada masyarakat sekitar yang memerlukan batik dan songket untuk acara-acara istimewa.

Masyarakat, khususnya kaum wanita canderung masih enggan memakai batik dan songket karena sifat dari kain tenun itu sendiri yang cenderung sangat berat. Hai Ini sangat mempengaruhi pendapatan para pengrajin tenun sehingga mereka masih tetap minim pemasukan karena pengrajin tidak pernah tahu teknik promosi dan pemasaran.

Memaksimalkan pemakaian hasil batik dan songket dalam berbagai mode dan pakaian, adalah tugas pemerintah, pemerhati seni dan para profesional di bidang fesyen untuk mengangkat dan mempopulerkan batik dan songket.

Barli Asmara salah satunya, dalam koleksi terbarunya bertajuk Jambi Kain Negeriku yang dipamerkan di Jakarta Fashion Week 2018, Senin (23/10/2017).

Barli kali ini mengeluarkan koleksi dangan batik dan songket motif Jambi dari pengrajin binaannya. Barli sebagai Duta Jambi 2017 juga melakukan pembinaan, workshop dan sosialisasi untuk pengembangan motif dan warna dari kain batik dan songket Jambi. Hal ini dilakukan selama 10 bulan terakhir dan akhirnya barhasil di presentasikan dalam Jakarta Fashion Week 2018.

Koleksi kali ini Barli mengangkat delapan motif Jambi yaitu, motif batang matahari, daun karet, durian pecah, sawit, tampu manggis, rotan, bunga sepatu dan kelupaku.

Delapan motif tersebut dituangkan di daiam kain sutra, semi sutra kembang, viscose, sifon dan organdi dngan warna-warna pastel sebagai ciri khas.

Koleksi Barli Asmara menggunakan siluet berpotongan elegan, klasik, glamor, gaun malam, potongan A-Line dan potongan mermaid dan beberapa menggunakan layer atau buntut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ramdha Mawaddha
Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro