Kahiyang Jokowi Boru Siregar, Gondang Sambilan Mulai Ditabuh

Persiapan pemberian marga (mangalehan marga) terhadap putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dilakukan di kediaman Doli Sinomba Siregar, Jalan Suka Tangkas No. 17, Medan Johor, pagi ini, Selasa (21/11/2017).
Siti Munawaroh | 21 November 2017 09:51 WIB
Doli Sinomba Siregar, paman dari Muhammad Bobby Afif Nasution di acara pemberian marga Siregar untuk Kahiyang Jokowi di Medan, Selasa (21/11/2017). - Bisnis.com/Siti Munawaroh

Bisnis.com, MEDAN - Persiapan pemberian marga (mangalehan marga) terhadap putri Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kahiyang Ayu, dilakukan di kediaman Doli Sinomba Siregar, Jalan Suka Tangkas No. 17, Medan Johor, pagi ini, Selasa (21/11/2017).

Pantauan Bisnis.com, alunan ‘gondang sambilan’ sudah ditabuh di dalam tenda besar yang didirikan di depan rumah Doli Sinomba Siregar, paman dari Muhammad Bobby Afif Nasution.

Tamu-tamu pun mulai berdatangan ke lokasi acara yang rencananya dimulai pada pukul 9:30 pagi ini.

Pengamanan ketat dilakukan oleh petugas TNI dan Polri di sekitar kawasan yang menjadi tempat pemberian marga Kahiyang Ayu. Penjagaan ketat juga dilakukan petugas yang mengenakan baju batik di depan pintu masuk rumah paman Bobby.

"Acara akan dimulai pukul 9:30 pagi ini. Mereka akan datang ke sini untuk menyampaikan hasrat bahwa mereka ingin mendapat marga Siregar dari kami keluarga Siregar agar nanti dalam pesta (adat) perkawinan yang akan diselenggarakan pada 24 hingga 26 November tidak ada lagi ganjalan untuk menyelengarakan pesta tersebut," kata Doli kepada wartawan.

Seperti diketahui, Kahiyang Ayu akan disematkan marga Siregar karena Bobby mempersunting gadis di luar etnis Mandailing.

Sebelumnya, Doli mengatakan, Kahiyang Ayu akan diberi marga Siregar karena inilah marga ibunda Bobby yang disapa Kahiyang sebagai ‘namboru’ atau ibu mertua. Dengan kata lain agar jelas kedudukan Kahiyang dalam lembaga adat Dalian Na Tolu dan martutur.

"Sekaligus kita angkat Mbak Kahiyang sebagai anak kita di rumah ini (keluarga besar Siregar)," tambah Doli.

Persiapan pemberian marga Siregar kepada putri Presiden Jokowi akan segera dilangsungkan dengan dipimpin petua-petua adat.

 

 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
jokowi

Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top